Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik Ketika Berhenti di Jalan Menanjak | Toyota Pastikan Jual Land Cruiser 70 di Akhir 2023

Kompas.com - 29/10/2023, 06:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mobil dengan transmisi matik melewati jalan menanjak dan perlu berhenti, posisi tuas transmisi menjadi faktor penting yang harus diperhatikan.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, ketika kemiringan tanjakan cukup ekstrim harus menggunakan gigi rendah untuk mobil matik.

“Posisi D sebenarnya tidak masalah, namun apabila diperlukan tenaga atau torsi yang besar, bisa menggunakan S1 atau L sehingga gigi transmisi matik tetap berada di posisi gigi 1 dan tidak berpindah ke gigi 2,” ungkap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, pada gelaran Japan Mobility Show (JMS), di Tokyo, Jepang, (25/10/2023), ada mobil yang cukup menarik perhatian di booth Toyota yaitu Land Cruiser 70 yang dapat penyegaran sebagai generasi terbaru.

Meski merupakan generasi terbaru namun desainnya masih menggunakan gaya lama seperti model keluaran 1984.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 28 Oktober 2023 :

1. Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik Ketika Berhenti di Jalan Menanjak

Cara ini terbilang cukup aman, sebab ketika mobil menanjak memang membutuhkan daya putar yang besar agar mobil bisa melewati jalan tanjakan.

“Torsi yang besar pada mobil matik itu, dapat dihasilkan dengan memindahkan tuas transmisi matik ke S1 atau L,” ungkap Didi.

Sehingga, ketika mobil matik melewati jalan menanjak dan diharuskan berhenti, maka tidak perlu ragu menggunakan gigi rendah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi S1, 1 atau L.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik Ketika Berhenti di Jalan Menanjak

2. Toyota Pastikan Jual Land Cruiser 70 di Akhir 2023

Toyota Land Cruiser 70 keluaran terbaruKompas.com - Aris Harvenda Toyota Land Cruiser 70 keluaran terbaru

Karakter lekukan body lama nuansa klasik tetap dipertahankan dengan sentuhan gaya modern pada beberapa bagian.

Gril, lampu dan bemper depan dibuat menyerupai model lama namun mendapat sedikit pembaruan desain sehingga tidak terlihat terlalu "jadul". Keberadaan sein depan dan spion tanduk di sebelah kiri tetap dipertahankan sebagai identitas.

Baca juga: Toyota Pastikan Jual Land Cruiser 70 di Akhir 2023

3. Spesifikasi Greetech Unity, Motor Listrik Murah Harga Rp 5,3 Juta

Motor listrik Greentech Unity, jadi model termurah dengan banderol Rp 5,3 juta setelah dapat subsidi dari pemerintahKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik Greentech Unity, jadi model termurah dengan banderol Rp 5,3 juta setelah dapat subsidi dari pemerintah

Ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023, diwarnai dengan hadirnya beragam pilihan motor listrik murah bagi konsumen. Untuk beberapa model, banderolnya bahkan tidak lebih dari Rp 10 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com