Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dibuka, IMOS 2023 Diharapkan Dongkrak Penjualan Motor Listrik

Kompas.com - 25/10/2023, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, resmi membuka pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023 hari ini, Rabu (25/10/2023).

Digelar selama lima hari ke depan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, diharapkan pameran ini mampu menstimulus pasar, khususnya bagi roda dua ramah lingkungan.

"Kini, Indonesia sudah memiliki ekosistem sepeda motor listrik berbasis baterai, di mana terdapat 48 perusahaan roda dua listrik dengan kapasitas nasional 1,4 juta unit per-tahun," ucap Agus dalam sambutannya.

Baca juga: IMOS 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Motor Listrik yang Dapat Subsidi

"Pemerintah RI juga sudah memberikan berbagai stimulus sebagai upaya meningkatkan penyerapan kendaraan ini seperti pemberian bantuan," katanya.

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang KartasasmitaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Namun diakui, penyerapan roda dua listrik masih cenderung lambat. Berdasarkan data registrasi hingga September 2023, jumlahnya masih sekitar 67.000 unit.

Bila dibandingkan dengan segmen roda dua konvensional, angka tersebut masih sangat kecil, yakni tak sampai 2 persennya.

"Maka, ada beberapa hal yang musti kita dorong seperti sosialisasi dan edukasi yang bisa membuat masyarakat kita merasa aman dalam mengendarai motor listrik," ucap Agus.

Sementara itu, Wakil Ketua I Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sutarya menyatakan, saat ini industri roda dua di Indonesia sudah mulai bangkit usai terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Ini Jenis Baterai Motor Listrik yang Aman di Segala Kondisi Cuaca

AISI mencatat, selama Januari-September 2023 total penjualan sepeda motor di dalam negeri mencapai 4,7 juta unit dengan jumlah ekspor 428.000 unit.

IMOS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL IMOS 2023

Jumlah tersebut tumbuh sebesar 30,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu atau year-on-year (yoy).

"Melalui IMOS+, diharapkan mampu mendorong target penjualan domestik pada tahun ini yaitu lebih dari 6 juta unit dan meningkatkan ekspor," kata dia.

Tercatat pada pameran ini sedikitnya ada 17 merek motor yang memeriahkannya, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Royal Enfield, Charged EV, Savart EV, Gova EV, Polytron, Ion Mobility, Greentech, U-Winfy, Alva, Dhelvic, Kool EV, Scomadi, Lisgo, hingga Selis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com