Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Grand Vitara Bakal Dibekali Teknologi ADAS

Kompas.com - 23/10/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pabrikan mobil yang sudah mengaplikasi teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) pada beragam model. Tidak mau ketinggalan, Suzuki juga berencana menyematkannya pada Grand Vitara.

Grand Vitara dibekali dengan beragam fitur dan teknologi yang canggih, termasuk teknologi Mild Hybrid. Tapi, tidak seperti mobil-mobil sekelasnya, pada Grand Vitara masih belum terdapat ADAS.

Baca juga: Merasakan Lagi Sensasi Berkendara Suzuki Grand Vitara Hybrid

Dikutip dari Gaadiwaadi, Senin (23/10/2023), Maruti Suzuki yang memproduksi SUV ini akan menyematkan teknologi tersebut pada Grand Vitara. Rencananya, Grand Vitara yang sudah dilengkapi ADAS akan mulai dipasarkan pada awal 2024.

Suzuki Grand Vitara Hybrid di GIIAS 2023SIS Suzuki Grand Vitara Hybrid di GIIAS 2023

Peningkatan ini tentunya juga akan berdampak pada harga jualnya. Saat ini, Grand Vitara dibanderol mulai 1.305.000 rupee hingga 1.983.000 rupee atau sekitar Rp 250 jutaan hingga Rp 380 jutaan.

Dengan adanya ADAS, kemungkinan kenaikan harganya bisa mencapai 50.000 rupee hingga 75.000 rupee atau sekitar Rp 9 jutaan hingga Rp 14 jutaan. Varian ADAS kemungkinan besar akan disematkan pada tipe tertinggi.

Baca juga: Kupas Lengkap Suzuki Grand Vitara, Desain sampai Biaya Kepemilikan

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Grand Vitara SHVS

Disebutkan bahwa ADAS pada Grand Vitara masih Level 2. Artinya, teknologi ini bisa memberikan sederet fitur canggih, seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Lane Keep Assist, Autonomous Brake, dan lainnya.

Untuk pasar Indonesia sendiri, saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memasarkan Grand Vitara mulai Rp 359,4 juta hingga Rp 387,4 juta. Dengan ditambahkan ADAS, kemungkinan akan tipis di bawah Rp 400 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com