Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Dalam Kota, Seberapa Irit Konsumsi BBM Suzuki Grand Vitara?

Kompas.com - 15/07/2023, 15:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas soal performa, giliran mengulik seberapa irit konsumsi bahan bakar Suzuki Grand Vitara saat diajak berkeliling Jakarta beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, generasi baru dari Grand Vitara mengusung mesin K15C Dual Jet yang merupakan pengembangan dari K15B.

Berdasarkan data, mesin tersebut mampu menyalurkan tenaga sebesar 103,2 Ps atau 101,7 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Baca juga: Impresi Geber Suzuki Grand Vitara

Mesin tersebut dikolaborasikan dengan teknologi mild hybrid yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) melalui dua komponen utama, yakni ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery.

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Grand Vitara SHVS

Walau teknologi hybrid yang digunakan tak berimbas pada sisi performa mesin lantaran tanpa motor listrik, tapi cukup membantu dalam menjaga efisiensi bahan bakarnya.

Dari pengujian redaksi selama beberapa hari mengendarai Grand Vitara varian tertinggi, berdasarkan informasi pada MID untuk penggunaan dalam kota tanpa melewati jalan tol sejauh 67,7 kilometer (km) mencapai 16 kpl.

Baca juga: Yamaha Berikan Sentuhan Dynamic Sound pada SUV Baru Mitsubishi

Hasil tersebut cukup irit untuk sebuah SUV yang digunakan di perkotaan. Belum lagi ditambah dengan kondisi jalan padat ketika jam pulang kantor.

MID Suzuki Grand VitaraKOMPAS.com/STANLY RAVEL MID Suzuki Grand Vitara

Selama pengujian, selain AC yang selalu aktif dalam perjalanan, redaksi cenderung berkendara santai karena melewati rute yang padat lalu lintas.

Mulai kawasan Kemang di Jakarta Selatan, melintas area Pondok Gede sampai  tembus ke Bekasi.

Fitur Engine Auto Start-Stop pastinya cukup berperan dalam menekan penggunaan bahan bakar Grand Vitara. Namun hal ini akan terlihat saat melakukan pengujian dengan metode full to full.

Baca juga: Ulik Kenyamanan Kabin Suzuki Grand Vitara GX

Walau cukup irit, tapi hasil yang redaksi dapat tentunya tak bisa dijadikan patokan pasti. Bisa saja pada lain pengujian jauh lebih baik atau sebalaiknya.

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Grand Vitara SHVS

Pasalnya beda kondisi jalan, cara berkendara, bobot, bahan bakar yang digunakan, serta kondisi performa mobil juga akan sangat berperan menentukan efisiensi bahan bakar dari sebuah kendaraan, termasuk Grand Vitara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com