Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Kenyamanan Kabin Suzuki Grand Vitara GX

Kompas.com - 13/07/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan luar, giliran mengupas sektor interior Suzuki Grand Vitara tipe GX yang merupakan varian tertinggi sekaligus jadi produk flagship baru Suzuki di pasar otomotif Indonesia.

Hadir sebagai SUV segmen B yang memiliki postur ringkas, secara keseluruhan nuansa kabin Grand Vitara memang sedikit terasa lebih sederhana dibandingkan rivalnya, seperti Hyundai Creta atau Honda HR-V.

Nuansa hitam mendominasi sektor kabin, baik dari dasbor, jok, sampai baris kedua. Sebagai pemanis, ada sentuhan ornamen silver di beberapa sektor, termasuk pada bagian atap.

Model dasbor dibuat datar. Bagian tengah sudah terisi head unit layar sentuh model floating dengan dimensi 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone.

Baca juga: Komparasi Honda WR-V dengan Wuling Alvez

Selain itu, melalui head unit pengendara juga bisa memantau kerja dari sistem Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), termasuk beberapa informasi lain soal kendaraan.

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Grand Vitara SHVS

Tepat di bawahnya, ada kisi-kisi air conditioner (AC) lengkap dengan pengaturan digital termasuk heater, serta perangkat pengisian daya nirkabel untuk ponsel juga sudah terpasang.

Meski sekilas tampilan dasbor masih konvensional, apalagi dengan pengaturan rem tangan yang belum elektrik, tapi Suzuki berupaya memberikan kenyamanan pengendara dengan menyajikan desain yang ergonomis.

Semua fitur diletakkan pada posisi yang mudah digapai. Demikian juga saat duduk, pengemudi dengan mudah bisa melakukan pengaturan secara fleksibel guna mendapatkan spot yang benar-benar nyaman.

Baca juga: Bahas Desain Modern Suzuki Grand Vitara

Dengan tinggi badan sekitar 175 cm, bagi redaksi tidak ada keluhan negatif soal kelapangan ruang kaki dan kepala, demikian juga pada baris kedua. Visibilitas depan dan belakang juga cukup baik.

Fitur-fitur pengaturan audio, dan cruise control sudah disediakan pada kemudi yang secara desain tak berbeda jauh dengan XL7 atau Ertiga.

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Grand Vitara SHVS

Selain itu, tuas paddle shift untuk mengatur peningkatan gigi transmisi sudah tersedia lengkap dengan layar kecil sebagai head up display.

Keberadaan panoramic sunroof yang terbentang hingga kedua tak hanya memberikan efeknya kabin yang lebih lapang, tapi juga pencahayaan yang sangat cukup.

Penumpang tak perlu khawatir, pasalnya kisi-kisi AC juga disediakan pada baris kedua. Empat speaker bersama dua tweeter juga sudah terpasang dan siap memberikan hiburan dalam perjalanan.

Baca juga: Menu Utama Suzuki XL7 Hybrid, mulai Fitur sampai SHVS

Bicara keselamatan, meski belum dilengkapi ADAS tapi Suzuki sudah melengkapi Grand Vitara dengan enam airbag, perangkat ABS, BA, EBD, dan ESP. Selain itu tedapat 360 camera, rear parking camera, serta sensor parkir.

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Grand Vitara SHVS

Fitur lain yang sudah diaplikasi adalah Hill Hold Control yang dapat membantu pengendara terutama ketika melintasi jalan menanjak.

Terlepas dari sisi fitur yang masih konvensional, sebenarnya Grand Vitara masih memberikan fasilitas yang tak kalah menarik untuk dipertimbangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com