Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Audio Mobil Listrik Mulai Menjamur

Kompas.com - 21/10/2023, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Audio menjadi salah satu aliran modifikasi yang saat ini banyak diminati. Bicara segmennya saat ini cukup beragam, bahkan mobil yang digunakna saat ini bukan hanya sekadar mobil bermesin bensin, tetapi juga mobil listrik.

Anto pemilik Audio Mobil Jakarta mengatakan, modifikasi audio saat ini sudah bisa diterapkan pada mobil listrik dengan format plug and play, tanpa mengubah kelistrikan.

“Ioniq 5 itu satu-satunya kemarin di Indonesia yang punya soket plug and play-nya itu cuma saya, selama kurang lebih enam bulan,” ucap Anto kepada Kompas.com belum lama ini.

Detail Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Detail Hyundai Ioniq 5

Baca juga: Banyak yang Salah, Posisi Tuas Matik yang Benar Saat Jalan Macet

“Kalau sekarang memang sudah ada yang menyediakan soketnya, tapi sampai sekarang juga belum banyak di wilayah Jabodetabek. Karena kan itu mobil listrik dengan risikonya yang sangat tinggi,” lanjutnya.

Menurut Anto, beberapa mobil listrik yang ada di Indonesia menggunakan kualitas audio yang standar. Maka dari itu pihaknya menawarkan paket modifikasi audio untuk memberikan kualitas suara yang lebih baik dengan beberapa metode yang berbeda.

“Upgrade audio itu ada beberapa tahapan, contoh kalau Hyundai Ioniq 5 itu kan sudah Bose speaker bawaannya, kita jarang minta konsumen ganti (speaker), subwoofer juga sudah ada. Jadi kita hanya tambahan prosesor saja yang bisa diatur menggunakan laptop dengan alat RTA, tujuannya untuk meningkatkan kualitas audio standar,” kata Anto.

Dashboard mobil listrik Wuling Air Ev di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Selain desainnya yang compact, pengisian daya Air ev bisa dilakukan di rumah dengan memperhatikan terlebih dahulu kapasitas listrik rumah, mengusung konsep easy home charging.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Dashboard mobil listrik Wuling Air Ev di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Selain desainnya yang compact, pengisian daya Air ev bisa dilakukan di rumah dengan memperhatikan terlebih dahulu kapasitas listrik rumah, mengusung konsep easy home charging.

Sementara untuk Wuling Air ev biasanya membutuhkan perangkat tambahan, seperti speaker dan subwoofer yang ditanam pada bagian pintu. Sebab, mobil listrik ini masih menggunakan audio dengan speaker standar, tidak seperti Ioniq 5 yang sudah menggunakan speaker Bose.

Anto mengatakan, menyoal biaya modifikasi audio mobil listrik relatif disesuaikan dengan budget dari konsumen.

Baca juga: Apa Perlu Transmisi Matik Overhaul Body Valve Rutin?

“Biasanya kalau untuk modifikasi audio, saya akan kirimkan PDF dulu ke konsumen, jadi mereka yang akan memilih sesuai budget. Tapi untuk kisaran harga paket Wuling Air ev misalnya, itu membutuhkan biaya Rp 12 jutaan,” kata Anto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com