Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Australia 2023: Zarco Juara, Martin Gagal Podium

Kompas.com - 21/10/2023, 11:57 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Pramac Ducati, Johann Zarco berhasil mengukuhkan posisi juara peratama di MotoGP Australia 2023 yang digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia pada siang ini, Sabtu (21/10/2023).

Posisi kedua Fransisco Bagnaia, berhasil menyodok setelah persaingan sengit di lap terakhir. Ketiga, Fabio Di Giannantonio menggagalkan upaya Martin meraih podium, meski sempat memimpin sejak awal balapan.

Baca juga: Balap MotoGP Australia Ditukar ke Hari Sabtu, Begini Reaksi Pebalap

 

Jalannya balapan

Pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin yang memulai balapan dari posisi pertama di MotoGP Australia 2023 langsung tancap gas sesaat laga balap utama dimulai. Tetapi, tak berselang lama ia langsung dapat desakkan dari Brad Binder dan Bagnaia yang berada tepat di belakangnya.

Untung saja usai melewati tikungan ke-3 dengan mulus, Martin langsung membuat jarak yang sangat signifikan dengan kedua pebalap tersebut dengan gap 0,5 detik. Di sisi lain, Marc Marquez yang memulai laga dari posisi ke-7 masih memantau lawan.

Dua lap berlangsung, posisi teratas belum berubah. Bahkan jaraknya jadi lebih sedikit menjauh, khususnya untuk posisi ke-2 dan ke-3 dengan 1,6 detik. Kala itu pula, sang juara dunia MotoGP 2022 sudah tersalip Fabio Di Giannantonio.

Sementara di partai tengah, Marquez terpantau mulai tampil agresif dan bersaing bersama Johann Zarco dan Jack Miller untuk merebut posisi ke-5. Posisinya sangat berdekatan, sehingga setiap tikungan bisa saja berubah.

Baca juga: Pemprov DKI Mau Buka Pelatihan Kendaraan Listrik mulai Tahun Depan

Memasuki putaran ke-5, jarak antara tiga pebalap terdepan makin jauh yang masing-masing meninggalkan selisih 1,6 detik. Bagnaia yang berada di posisi ke-4 pun mulai mendapat ancaman dari Marquez yang kini berada di belakangnya bersama Zarco.

Namun dua lap setelahnya, Bagnaia tidak lagi terancam oleh kedua pebalap tersebut. Jaraknya mulai menjauh, tetapi untuk dirinya masuk ke partai depan harus perkecil jarak dengan Giannantonio.

Adapun Marc Marquez yang masih berusaha merebut posisi ke-5 dari Zarco mulai mendapatkan saingan baru yakni Aleix Espargaro. Untungnya, ia bisa mengatasi hal terkait dengan sangat baik sehingga jaraknya perlahan menjauh.

Sepuluh putaran berlangsung, Martin yang memimpin laga MotoGP Australia 2023 masih kokoh di depan dengan jarak 2,1 detik dari Binder yang berupaya menyalipnya. Di sisi lain, Giannatonio mengejar dengan gap 0,9 detik darinya.

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia, Balapan Digelar Hari Ini Pukul 11.00 WIB

Di tempat berbeda, Joan Mir mengalami crash ketika melaju di tikungan ke-4. Kala itu dirinya sedang mengejar ketertinggalan di partai bawah bersama Alex Marquez, Jack Miller, sampai Marco Bezzecchi.

Bendera kuning sempat berkibar usai Augusto Fernandez terlempar keluar arena saat melintas di tikungan ke-2 putaran ke-13 MotoGP Australia 2023. Namun tidak berdampak besar terhadap jalannya balapan.

Memasuki lap ke-15, jarak antara Martin dengan Binder semakin jauh dengan selisih 3,48 detik. Posisinya kini masih relatif aman. Tetapi jarak antara Giannantonio dengan Binder semakin mendekat sekitar 0,2 detik saja.

Adapun Bagnaia yang hanya berjarak 1,1 detik untuk masuk podium ke-3 masih berurusan dengan Zarco. Sehingga terjadilah persaingan sengit di tiap putarannya karena hanya selisih tipis.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com