Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Berencana Bawa Motor Hybrid dan Hidrogen ke Indonesia

Kompas.com - 21/10/2023, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasaki Indonesia menjelaskan rencana elektrifikasi untuk pasar Indonesia. Selain meluncurkan BEV (Battery Electric Vehicle), pabrikan ‘geng ijo’ rencananya juga bakal meluncurkan jenis motor listrik lainnya.

Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, peluncuran motor listrik bakal dimulai pada tahun 2023.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya akan serius masuk pasar motor listrik. Apalagi Kawasaki secara global punya jajaran produk yang lengkap.

Baca juga: Bocoran Motor Baru Suzuki di IMOS 2023, Burgman Street 125?

Kawasaki pamerkan motor listrik, hybrid, dan hidrogen di EICMA 2022Dok. Kawasaki Kawasaki pamerkan motor listrik, hybrid, dan hidrogen di EICMA 2022

“Kita mixing, kan banyak di EICMA tahun lalu di Milan ada tiga carbon neutral,” ujar Michael, kepada Kompas.com (20/10/2023).

“Satu yang bentuknya hybrid, bentuknya listrik, satu lagi hidrogen. Tiga itu yang disiapkan menuju carbon neutral-nya kita,” kata dia.

Seperti diketahui, pada pameran EICMA 2022 di Italia, Kawasaki mengungkap prototipe deretan motor listriknya.

Baca juga: Quartararo Siap Hengkang kalau Motor Yamaha Tak Berubah

Selain Z EV dan Ninja EV, Kawasaki juga memamerkan motor hybridnya, HEV. HEV menggabungkan mesin pembakaran internal dan daya baterai hibrida yang merupakan bagian dari rangkaian produk 2024.

Turut ditampilkan sepeda motor bertenaga hidrogen pertama Kawasaki dalam bentuk prototipe, yang mengambil bentuk Kawasaki Ninja H2.

Menggunakan mesin supercharged dari H2, prototipe hidrogen menggunakan injeksi langsung dan gas hidrogen terkompresi sebagai bahan bakar.

Motor-motor ini diharapkan bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar yang irit, namun diikuti dengan performa berkendara yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com