Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Makin Serius Bahas Local Assembly, Siap Rakit Model CX

Kompas.com - 19/10/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kabar soal pabrik Mazda mulai muncul. Cuma, soal di mana lokasinya, kapan mulai produksi, masih belum bisa diinformasikan kepada media.

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia cuma bisa bilang kalau pihaknya sangat serius mengenai perakitan lokal lini produknya.

"Kita lagi wrap up untuk mulai start (assembly). Rencana kita akan local assembly, butuh persiapan yang sangat matang karena akan mengarah ke sana. Kita sangat serius dan sudah merancang segala sesuatu agar comply dengan request pemerintah," kata Ricky di Semarang, Rabu (19/10/2023).

Baca juga: Siksa Mazda CX-60 di Kaki Gunung Merbabu

Tes jalan Mazda CX-8KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Tes jalan Mazda CX-8

Rencananya akan ada satu lini produk yang akan dirakit lokal. Ricky bilang CX series atau model SUV dari Mazda yang mau dirakit, cuma belum tahu yang mana.

"Karena Mazda mobilnya CX semua, CX-nya bisa apa saja. Kita lagi sangat serius," ucap Ricky.

Pertimbangan dalam perakitan mobil Mazda di Indonesia adalah terkait dengan kualitasnya. Mengingat, mobil Mazda sekarang bisa dibilang punya kualitas yang premium, dari mobil sampai ke catnya.

Baca juga: PO Subur Jaya Borong 40 Bus Baru Jetbus 5 Karoseri Adiputro


"Jadi bagaimana caranya memastikan supaya kualitas tetap terjaga, bukan sekadar masang-masang," kata Ricky.

Bahkan Ricky bilang kalau Dirjen Kemenperin sudah tekan Mazda agar segera bisa buka pabrik atau perakitan lokal. Untuk waktunya, Ricky cuma bilang kalau segera terwujud, tidak lama lagi.

Soal produk, semua mobil Mazda masih diimpor dari Jepang, Thailand, dan Malaysia. Produk dari Jepang seperti CX-5, CX-9, CX-30, CX-60, 3 hatchback, Thailand ada CX-3 dan CX-8 dari Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com