Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Sekolah Binaan Astra Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Kompas.com - 18/10/2023, 17:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR), SDN 2 Widoro, Kabupaten Pacitan dan SMPN 4 Leuwiliang, Kabupaten Bogor, berhasil menerima gelar ‘Sekolah Adiwiyata Nasional’ dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dua sekolah Negeri ini termasuk dalam 417 Sekolah Adiwiyata Nasional 2023, yaitu tingkat kedua tertinggi setelah Sekolah Adiwiyata Mandiri, dan menerima penghargaan KLHK di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Selasa (17/10/2023).

Melalui penghargaan ini, SDN 2 Widoro dan SMPN 4 Leuwiliang dianggap sukses menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup sesuai, sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05/2013.

Adapun tujuan dari diadakannya penghargaan ini, KLHK berharap mampu meningkatkan kesadaran warga sekolah terhadap lingkungan, sehingga muncul sebuah inisiatif dalam merawat lingkungan sekitarnya melalui peraturan tersebut.

Baca juga: Kendaraan Listrik Diklaim Sumbang Banyak Emisi, Toyota Beri Tanggapan Ini

Dua Sekolah Binaan YPA-MDR Raih Penghargaan Adiwiyata NasionalYPA-MDR Dua Sekolah Binaan YPA-MDR Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

YPA-MDR menginisiasikan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) berupa pelatihan dan pendampingan intensif bagi para guru serta siswa.

GPBLHS sendiri merupakan upaya untuk memperluas wawasan, meningkatkan keterampilan, sikap, dan aksi kepedulian terhadap lingkungan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang.

Program ini ditujukan sebagai bekal bagi sekolah-sekolah binaan YPA-MDR untuk menjadi Sekolah Adiwiyata. Kegiatan yang dilakukan mencakup pengelolaan sampah, konservasi air, penghijauan, konservasi energi, dan lain-lain.

Untuk diketahui, YPA-MDR secara khusus didirikan oleh PT Astra International Tbk untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di bidang pendidikan di daerah tertinggal.

Baca juga: Federal Oil Ajak Konsumen Nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika

Dua Sekolah Binaan YPA-MDR Raih Penghargaan Adiwiyata NasionalYPA-MDR Dua Sekolah Binaan YPA-MDR Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu ‘Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara’, YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan.

Upaya ini dilakukan khususnya di daerah agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual, kompetensi kecakapan hidup, dan seni budaya, serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com