Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Konektor Perlu Jadi Standar Baterai Motor Listrik

Kompas.com - 18/10/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mempermudah jalannya program elektrifikasi nasional, pemerintah berencana melakukan standardisasi baterai kendaraan listrik roda dua.

Rencana standardisasi ini harapannya bakal mempermudah masyarakat dalam menggunakan motor listrik, dengan menciptakan keseragaman yang diatur dalam satu ketentuan.

Ganesha Tri Chandrasa, EV and RE Senior Researcher BRIN, mengatakan, standardisasi baterai sebaiknya dimulai dari plug atau kabel konektor.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Sinar Jaya, Pakai Bodi Skylander R22

Pengecasan baterai motor listrik United TX3000KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pengecasan baterai motor listrik United TX3000

“Jadi nanti kalau mau swap, kita mau pakai baterai apa saja bisa, asal konektornya sama,” ujar Ganesha, kepada Kompas.com (17/10/2023).

“Makannya dibikin suatu standarisasi untuk plug, yang bisa memantau keberadaan baterai, bisa memantau kesehatan baterai, dan bentuknya sama semua, dan bisa ampere yang tinggi. Itu dari sisi plug untuk baterainya,” kata dia.

Sementara dari sisi baterai, menurutnya belum bisa disamakan. Karena hal ini menyangkut kesesuaian harga dan kebutuhan konsumen.

Baca juga: Video Viral Petugas Parkir Curang, Begini Cara Mengantisipasinya

“Perkara size baterainya, enggak bisa kita samakan semua, karena bentuk rangka kan beda-beda,” ucap Ganesha.

Sebelumnya, Fadli Rahman, Director of Strategic Planning & Business Development Pertamina New & Renewable Energy, mengatakan standardisasi baterai ini bakal mempercepat penetrasi motor listrik.

Ia juga mengatakan, standardisasi baterai bisa dimulai dari konektor. Karena setiap produsen tidak serta merta bisa menggunakan baterai yang seragam

Konektor kan tipenya beda-beda. Itu yang lagi dirembukin. Kalau menurut teman-teman IBC sih by akhir tahun ini atau awal tahun depan mulai kelihatan keputusannya seperti apa, dari sisi konektor,” ucap Fadli di Jakarta, Kamis (12/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com