Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Motorhome Melonjak Saat Covid-19

Kompas.com - 17/10/2023, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com -  Tren modifikasi mobil terus berkembang mengikuti zaman. Di Indonesia sendiri biasanya gaya modifikasi kabin mobil akan mengikuti musim.

Misalnya pada saat ini dimana modifikasi kabin mobil banyak dilakukan oleh perusahaan travel untuk menyulap kendaraannya jadi lebih mewah dari biasanya. Namun, melihat pada tren beberapa waktu ke belakang, modifikasi kabin mobil justru mengarah pada motorhome

Baca juga: Sopir Diduga Mabuk, Daihatsu Sigra Tabrak dan Seret Motor hingga 5 Km

Maha Motorhome BazeKompas.com/Nanda Maha Motorhome Baze

Katerin Budiardja, Direktur PT Bahana Selaras (Baze), pada saat masa Covid-19 justru mayoritas yang membawa mobil ke garasi Baze akan melakukan modifikasi kabin menjadi motorhome. 

"Pada saat Covid-19 orang itu tidak bisa kemana-mana. Mau jalan-jalan itu sulit karena ada pembatasan sosial orang bosan. Makanya pada saat itu motorhome yang ramai, mereka dandani kendaraannya. Banyak yang ingin tetap bisa merasakan bertamasya yang aman,"  kata Katerin kepada Kompas.com di garasi Baze, Senin (16/10/2023). 

Baca juga: Sopir Diduga Mabuk, Daihatsu Sigra Tabrak dan Seret Motor hingga 5 Km

Motorhome sendiri merupakan modifikasi kabin mobil yang mengedepankan kenyamanan sehingga dibuat senyaman rumah sendiri. Biasanya, pada kabin motorhome dilengkapi ada toilet, tempat tidur, dapur atau meja makan. 

Katerin juga mengatakan, tidak hanya motorhome, campervan juga jadi tren saat pandemi Covid-19. Beda dengan motorhome punya fasilitas yang 100 persen mirip rumah, campervan justru lebih minamalis dari motorhome. Campervan tidak ada toilet dan dapur karena berkaitan dengan ukuran mobil yang kecil.

"Kalau sekarang sudah mulai pulih dari Covid-19 trenya berubah. Saat ini tren lebih mengubah kendaraan pribadi atau kendaraan travel jadi lebih mewah," kata Katerin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com