Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton MotoGP Indonesia 2023 Diklaim Tembus 102.929 Orang

Kompas.com - 17/10/2023, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengeklaim balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 berjalan dengan lancar dan lebih meriah dibanding tahun lalu.

Untuk diketahui, MotoGP Indonesia 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, ditonton sebanyak 102.929 orang, meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 102.801 selama 3 hari penyelenggaraan.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur event Indonesian GP 2023 dapat berjalan dengan lancar, seru, dan meriah. Kami sangat bangga melihat balapan tahun ini dapat lebih dinikmati penonton dan minim keluhan,” ujar Direktur Utama ITDC Ari Respati dalam keterangan tertulis, Senin (16/10/2023).

Baca juga: Dari Mana Pedagang Dapat Lampu Mobil Bekas Copotan?

Para pebalap saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (14/10/2023). AFP/SONNY TUMBELAKA Para pebalap saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (14/10/2023).

"Kami optimistis dampak ekonomi nasional dari perhelatan MotoGP dapat melebihi capaian tahun lalu, yakni lebih dari Rp 4,5 triliun,” kata dia.

Dalam menyambut Indonesian GP 2023, ITDC bersama MGPA telah menyiapkan dan melakukan perbaikan baik di dalam kawasan maupun di luar kawasan Pertamina Mandalika International Circuit guna memberikan pengalaman menonton yang terbaik bagi penonton.

”Kami telah melakukan persiapan antara lain pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil & motor), gate kawasan, layanan transportasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton event Indonesian GP 2023,” ucap Ari.

Baca juga: Jorge Martin Ungkap Penyebab Jatuh di MotoGP Mandalika

"Tercatat sebanyak 300 lebih UMKM NTB terlibat dalam event ini, dan alhamdulillah, hasilnya event tahun ini lebih meriah, lebih seru dan lebih lancar dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Selain itu, imbuh Ari, ITDC juga menggandeng berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, dalam menyukseskan balapan tahun ini.

Dukungan dari banyak pihak ini lah yang membuat pelaksanaan event Indonesian GP selama tiga hari ini dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Tanda Baterai Remot Honda PCX Habis, Bisa Ganti Sendiri

Para penonton MotoGP Mandalika. DOK INJOURNEY Para penonton MotoGP Mandalika.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak sehingga Indonesian GP 2023 dapat berjalan dengan lancar. Kami akan terus berupaya agar event balap motor terbesar di dunia ini akan semakin baik dan meriah dari tahun ke tahun,” kata Ari.

"Hal ini merupakan wujud komitmen kami guna mewujudkan The Mandalika sebagai destinasi unggulan sport tourism di Indonesia sekaligus meningkatkan country branding Indonesia,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com