Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Mandalika 2023 Banjir Pujian dari Dorna Sports dan FIM

Kompas.com - 16/10/2023, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini adalah tahun kedua Indonesia menjadi tuan rumah untuk MotoGP. Penyelenggaraan ajang balap internasional ini diklaim jauh lebih sukses dibanding tahun pertama hingga menuai banyak pujian dari Dorna Sports dan FIM.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, pelaksanakan MotoGP Mandalika 2023 alias Indonesian GP 2023 pada hari ketiga sangat sukses.

Kualitas sirkuit yang baik mampu memacu para pebalap untuk menunjukkan performa terbaiknya, sekaligus memberikan tontonan kelas dunia kepada para penonton.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Mandalika 2023, Bagnaia Rebut Posisi Pertama

“Race hari ketiga menjadi puncak kesuksesan Indonesian GP 2023. Kualitas balapan jelas meningkat dibandingkan dengan tahun lalu dan ini tidak hanya memberikan kepuasan bagi para riders yang beradu cepat di lintasan, tetapi juga kepada penonton setia MotoGP Mandalika, terutama yang hadir langsung ke sirkuit," ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

Penonton menyaksikan balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27  lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik disusul pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nzANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Penonton menyaksikan balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik disusul pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz

"Hal itu dibuktikan dengan pihak Dorna puas sekali perihal persiapan yang dimulai dari jauh hari sebelumnya, mulai dari pengurusan visa, logistik 500 ton yang dikirim via udara dan laut, inspeksi ketat oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM)," kata Priandhi.

Priandhi mengatakan, ujian juga diberikan FIM terkait kualitas marshal lokal yang mumpuni, meskipun usia sirkuit baru sekitar satu tahun,” kata Priandhi.

Baca juga: Hasil MotoGP Mandalika 2023: Penuh Drama, Bagnaia Juara Martin Tumbang

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), membayangi pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, pada sesi Kualifikasi 2 MotoGP Mandalika 2023 yang digelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (14/10/2023). Terkini, Marc Marquez gagal finis pada sprint race dan balapan utama di Mandalika, Minggu (15/10/2023).ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO S Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), membayangi pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, pada sesi Kualifikasi 2 MotoGP Mandalika 2023 yang digelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (14/10/2023). Terkini, Marc Marquez gagal finis pada sprint race dan balapan utama di Mandalika, Minggu (15/10/2023).

Selain itu, Priandhi menambahkan, MotoGP Mandalika juga sukses menghadirkan Hero Walk, di mana para penonton dengan kategori tiket VIP Premiere dan VIP Deluxe dapat bertemu langsung secara lebih dekat dengan para pebalap dari kelas Moto2, Moto3, dan MotoGP.

Kesuksesan gelaran MotoGP Mandalika 2023 juga dibuktikan dengan tingginya jumlah pengunjung yang mencapai 103.000 kunjungan. Jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan, yakni sebanyak 80.000 kunjungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com