Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Dramatis di Mandalika, Bagnaia Penuhi Janji ke Penggemar

Kompas.com - 16/10/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia berhasil merebut kembali puncak klasemen sementara. Pebalap Ducati ini meraih kemenangan secara drastis pada MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika.

Bagnaia yang start dari posisi ke-13, sanggup memperbaiki posisinya hingga melewati garis finis di posisi pertama. Perlahan tapi pasti, Bagnaia terus melaju ke depan.

Baca juga: Hasil MotoGP Mandalika 2023: Penuh Drama, Bagnaia Juara Martin Tumbang

Hingga puncaknya ketika balapan menyisakan 8 lap lagi, Bagnaia menyalip Maverick Vinales yang akhirnya harus puas finis di posisi kedua.

Francesco Bagnaia saat menang pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Francesco Bagnaia saat menang pada MotoGP Mandalika 2023

Sebelumnya, Bagnaia kehilangan puncak klasemen sementara MotoGP 2023. Dia kalah dari Jorge Martin pada sprint race. Tapi, Bagnaia kembali ke puncak klasemen dengan menang dan ditambah Martin yang terjatuh.

"Setelah kecelakaan di Barcelona, kami melalui banyak momen sulit dan hanya orang-orang terdekat saya yang paham dengan apa yang saya rasakan dan saya sangat bangga dan beruntung memiliki mereka," ujar Bagnaia, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Mandalika 2023, Bagnaia Rebut Posisi Pertama

"Kemenangan ini adalah untuk kita semua. Hari ini saya hanya punya satu kesempatan yaitu mencoba menjadi versi terbaik dari diri saya. Terima kasih, Mandalika," kata Bagnaia.

Francesco Bagnaia saat menang pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Francesco Bagnaia saat menang pada MotoGP Mandalika 2023

Hasil positif juga diraih rekan setimnya, Enea Bastianini. Pebalap asal Italia tersebut sempat berada di posisi terbelakang. Tapi, dia berhasil mengakhiri balapan di posisi kedelapan.

CEO Ducati Indonesia Jimmy Budhijanto, mengatakan, kalau motivasi tinggi Bagnaia di Mandalika juga tak lepas dari banyaknya dukungan dari penggemar Indonesia termasuk komunitas Ducati Riders. Bahkan, kemenangan di MotoGP Mandalika sekaligus menunaikan janjinya kepada pendukung Tanah Air untuk memberikan hasil terbaik.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

"Kami sangat bangga dan terharu dengan penampilan Bagnaia di seri GP Indonesia tahun ini. Bagaimana tidak, start dari urutan 13 tidak menjadi halangan bagi pembalap Ducati untuk mendapatkan posisi terbaik yakni podium kemenangan. Bagi kami, ini adalah kado yang manis bagi para pencinta Ducati dan penggemar Bagnaia di Indonesia," kata Jimmy.

Dengan kemenangan ini, Bagnaia unggul 18 poin dari Martin. Juara dunia bertahan ini sekarang sudah memiliki 346 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com