Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Naik Motor di Malam Hari

Kompas.com - 13/10/2023, 12:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara pada malam hari mungkin menjadi pilihan sebagian orang dengan beragam alasan, salah satunya menghindari kemacetan karena kondisi lalu lintas lebih sepi.

Meski begitu, tetap harus memperhatikan kewaspadaan dan perhatian ekstra. Sebab ketika jalan gelap, visibilitas akan berkurang, dan kondisi jalan yang berbeda dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, malam hari identik dengan gelap dan sepi. Meskipun sudah ada lampu, namun tidak bisa membuat suasana terang seperti siang hari, sehingga perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Baca juga: Tips Bikin Pelek Jari-jari Motor Jadi Tubeless

Ilustrasi naik motor di malam haripixabay/Skitterphoto Ilustrasi naik motor di malam hari

“Saat malam untuk meningkatkan keamanan, jaga kecepatan terutama saat sepi, jaga jarak sesuai dengan pandangan dan waktu bereaksi. Jaga emosi untuk tidak mudah memelintir grip accelerator,” ungkap Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu Jusri juga mengingatkan untuk memastikan lampu-lampu pada kendaraan semuanya menyala, terutama lampu depan dan belakang.

“Gunakan jaket berwarna atau bereflektor supaya mudah terlihat pengguna lain, dan gunakan jaket yang beresleting untuk menolak angin malam,” tambah Jusri.

Baca juga: Cara Bedakan Aki GS Astra yang Asli dan Palsu

Tips naik motor saat malam hariFoto: Yamaha Tips naik motor saat malam hari

Jusri juga menyarankan untuk menggunakan helm half face supaya bidspot yang akan dialami oleh pengendara motor lebih minim.

Sementara itu, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana juga mengatakan, kelistrikan pada motor bekerja dengan baik.

“Kalau mengendarai motor pada malam hari, kita harus memastikan semua instrumen kelistrikan dapat berfungsi baik. Misal sein dan lampu belakang dan rem bekerja, agar pengendara lain dapat melihat kendaraan kita,” ungkap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com