Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan MotoGP Mandalika 2023, Putri Ariani Akan Nyanyikan Indonesia Raya

Kompas.com - 10/10/2023, 17:11 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Mandalika 2023 akan digelar dalam waktu dekat, tepatnya akhir pekan ini, 13-15 Oktober 2023. Persiapan yang dilakukan pihak penyelenggara disebutkan sudah hampir seratus persen.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, hari ini persiapan Pertamina Mandalika International Circuit untuk menggelar Indonesian GP 2023 hampir mencapai seratus persen.

Baca juga: Debut Fadillah Arbi Jadi Pebalap Wildcard Untuk Moto3 Mandalika 2023

"Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari perbaikan lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit,” ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

Pengecatan ulang kerb Sirkuit Mandalika jelang MotoGP Indonesia 2023Dok. Dyandra&Co. Pengecatan ulang kerb Sirkuit Mandalika jelang MotoGP Indonesia 2023

MGPA bersama Roadgrip Ltd telah memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit. Total luasan mencapai 27.380 m2 dan pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 m2.

Selain itu, telah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system.

MGPA juga telah melakukan pelatihan bagi marshal yang akan bertugas selama MotoGP Mandalika 2023 digelar. Tercatat sebanyak 402 marshal yang 95 persennya berasal dari warga lokal telah siap untuk bertugas.

Baca juga: Jadwal MotoGP Mandalika 2023, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Sementara dari sisi pusat medis, MGPA bekerja sama dengan RSUD Provinsi NTB telah menyiapkan penyediaan peralatan medis yang lengkap, seperti ambulans, menyediakan tim medis yang berpengalaman serta fasilitas perawatan darurat.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, saat mempersiapkan sirkuit untuk perhelatan MotoGP Mandalika 2023 yang akan dilangsungkan pada tanggal 13-15 Oktober 2023. Dok.MGPA Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, saat mempersiapkan sirkuit untuk perhelatan MotoGP Mandalika 2023 yang akan dilangsungkan pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

Sementara di area paddock, MGPA terus berkoordinasi dengan Dorna Sports SL untuk menyiapkan layout dan berbagai fasilitas sebagai pusat operasi bagi tim balap, termasuk fasilitas paddock lainnya, seperti Media Center, Relaxing Zone, dan Team Office.

Untuk para spectators atau penonton dan tamu undangan, penyelenggara juga telah menyiapkan hospitality terbaik, baik di ruangan Premier Box maupun area VIP Deluxe.

Seluruh grandstand pun telah disiapkan untuk dapat menampung penonton sesuai kapasitas masing-masing grandstand.

Penampakan helikopter milik Dorna terparkir di Helipad Sirkuit Mandalika, Senin (9/10/2023)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID Penampakan helikopter milik Dorna terparkir di Helipad Sirkuit Mandalika, Senin (9/10/2023)

Priandhi menambahkan, penonton adalah tamu utama pada event ini. Oleh karena itu, MGPA menyiapkan seluruh fasilitas menonton dengan sebaik-baiknya.

"Seperti penonton di Premier Box dan VIP Deluxe yang dapat menonton dengan nyaman, kami juga akan memastikan penonton di area grandstand akan dapat menikmati seluruh rangkaian race dengan nyaman, karena kapasitas grandstand yang sangat memadai dan dilengkapi berbagai fasilitas, selain letaknya yang dekat dengan area side event di mana penonton dapat menikmati berbagai acara dan panggung hiburan,” kata Priandhi.

Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022KEMENHUB Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022

Untuk akses menuju Sirkuit Mandalika, Garuda Indonesia akan menyediakan tambahan jadwal penerbangan (extra flight schedule) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng (CGK), ke Bandara Internasional Lombok (LOP), dan arah sebaliknya pada 12-14 Oktober 2023 dan 16-17 Oktober 2023.

Garuda Indonesia akan menyediakan total 68 jadwal penerbangan dan tujuh penerbangan dengan kapasitas pesawat lebih besar selama periode tersebut.

Suasana Bandara Internasional Lombok selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022Dok. PT Angkasa Pura I Suasana Bandara Internasional Lombok selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022

Kemudian, pada area side event yang digelar di area inner circuit, MGPA bekerjasama dengan Dyandra&Co. sebagai co-promotor Indonesian GP 2023. Dyandra&Co. juga telah melakukan berbagai persiapan, seperti pembersihan area, pemasangan instalasi listrik, hingga pembangunan beberapa tenda untuk fasilitas seperti mushola, medical centre, serta toilet untuk pengunjung.

Sejumlah zona untuk side event pun disiapkan untuk meramaikan penyelenggaraan Indonesian GP 2023 di sekitar Pertamina Mandalika International Circuit, yang terbagi menjadi Zona Merdeka, Zona Bhinneka, Zona Tropika, dan Zona Pusaka.

Jajaran mobil BMW M yang bertugas menjadi safety  car pada MotoGP Mandalika 2022Dok. BMW Jajaran mobil BMW M yang bertugas menjadi safety car pada MotoGP Mandalika 2022

Seluruh penonton yang memiliki tiket mulai dari kategori Festival - General Admission sampai kategori tiket berikutnya, dapat mengakses side event Indonesian GP tanpa perlu membeli tiket tambahan.

Adapun upacara pembukaan Indonesian GP 2023 akan diisi oleh sejumlah pertunjukan yang didahului oleh Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang akan dibawakan oleh Finalis America’s Got Talent, Putri Ariani.

Dalam pembukaan tersebut, penyelenggara menampilkan musik instrumen tradisional Lombok, Gendang Beleq, pertunjukan seni dan permainan tradisional Desa Sade, Tari Gandrung. Selain itu, akan hadir juga pertunjukan kombinasi baju tradisional dari 38 provinsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com