Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan MotoGP Mandalika, Podium Sprint sampai Keliling Trek Pakai Tronton

Kompas.com - 04/10/2023, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Mandalika akan kembali berlangsung di 13-15 Oktober 2023. Berbagai persiapan dilakukan dari segi trek sampai area di luar trek.

Pada MotoGP tahun ini tentu ada yang berbeda daripada musim lalu. Mengingat mulai 2023, ada format balapan baru, yakni Sprint Race di hari Sabtu, setelah kualifikasi.

Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, ada persiapan kecil lainnya mengingat adanya format balap yang baru.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP, Dibersihkan Hingga Cat Ulang

Podium MotoGP Argentina 2023 dikuasai oleh tim satelit DucatiDok. @pramacracing Podium MotoGP Argentina 2023 dikuasai oleh tim satelit Ducati

"Yang Sprint Race dan khusus kita baru belajar adalah buat podium ceremony di trek. Tadinya kan podium biasa yang di atas, mereka tidak mau sprint itu (di atas). Sprint walau sama di perhelatan mereka, cuma bukan di podiumnya MotoGP, podiumnya beda," kata Priandhi di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Selain itu, sudah dipersiapkan juga desain piala yang baru untuk MotoGP Mandalika 2023. Biasanya di seri MotoGP lain pun setiap tahunnya akan berbeda desainnya.

"Desain piala sudah, sudah disetujui, dan saya rasa sudah selesai untuk semua kategori balap, kan ada Moto3, Moto2, Sprint, dan MotoGP. Beda, ada bentuk seninya yang selalu setiap tahun memberikan cerita," kata Priandhi.

Baca juga: Melihat Kesiapan Infrastuktur EV Sepanjang Tol Trans Jawa


Kemudian, ada permintaan lain di seri MotoGP Mandalika tahun ini, yakni adanya pebalap yang keliling trek sambil naik truk. Memang di trek lain seperti di Eropa juga melakukan ini, sambil live lewat Instagram.

"Ini yang baru, kita bikin kayak tronton, cuma pendek, muat 30 orang, ditarik kendaraan muter sikuit. Supaya lebih dekat dengan penonton, mereka putar, pit out, jalan di depan paddock, berhenti di satu titik yang bisa greeting dengan pebalap," kata Priandhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com