Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelek Racing Motor Bakal Pecah kalau Servis Metode Press?

Kompas.com - 10/10/2023, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelek peang membuat pengendalian sepeda motor jadi tidak nyaman. Namun, tidak semua pelek palang bisa dilakukan servis dengan metode press atau ditekan karena, jika salah perhitungan, akan pecah.

Sumantri alias Tri, dari Bengkel Press Motor (BPM) di Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, pelek palang yang bisa di-press ialah pelek bawaan asli motor.

Baca juga: Efek Buruk Sering Telat Ganti Oli Mesin Mobil

Press pelek motor butuh ketelitian karena gampang pacah.KOMPAS.com/Gilang Press pelek motor butuh ketelitian karena gampang pacah.

"Kalau yang asli (bawaan) motor pabrikan bisa. Dia dari babet bahannya," ungkap Tri kepada Kompas.com, di Depok, Jawa Barat, Senin (9/10/2023).

Adapun pelek palang yang tidak bisa di-press, kata Tri, ialah pelek racing buatan aftermarket dan kalaupun bisa maka sangat sulit.

"Pelek Mandalika, VND, V-Rossi, RCB gampang pecah kalau di-press. Kalau RCB masih bisa dipress tapi butuh ketelitian lebih, lebih rentan beda dengan pelek bawaan pabrik. RCB masih bisa, tapi susah," kata Tri.

Baca juga: Kecelakaan Ferrari Sampai Ringsek, Segini Estimasi Biaya Perbaikannya

Pelek Motor Racing dan Pelek Motor Jari-jari keluaran RCBKompas.com/Daafa Pelek Motor Racing dan Pelek Motor Jari-jari keluaran RCB

Tri mengatakan, pelek-pelek aftermarket sulit untuk di-press karena bahannya sudah campuran, ada yang dari aluminium atau logam lain yang punya material getas.

"Kalau biaya pengerjaan atau harga sama saja," kata Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com