Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Fitur All New Toyota Yaris Cross, Secanggih Apa?

Kompas.com - 09/10/2023, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini meluncurkan Yaris Cross dengan status world premiere di Indonesia, tepatnya pada Mei 2023 lalu.

Mobil dibanderol dengan harga mulai Rp 351 juta sampai Rp 440,6 juta untuk tipe tertinggi alias varian hybrid.

Sebelumnya, tim redaksi sudah membahas tentang eksterior, interior dan sensasi berkendara dari Toyota Yaris Cross, kini saatnya mengulik fitur andalan yang ada pada SUV ringkas dari pabrikan Jepang itu.

Baca juga: Ajak Jalan-jalan Toyota Yaris Cross Keliling Ibu Kota

Toyota Yaris Cross tipe S non hybrid yang tim redaksi coba, dibekali dengan layar head unit berukuran 10,1 inci yang sudah terintegrasi dengan bluetooth, Android Auto, serta Apple CarPlay.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan setir tilt dan telescopic, digital AC, push start stop button, jok elektrik untuk pengemudi, dan layar MID 7 inci yang sudah full digital.

All New Yaris Cross dibekali tiga mode pilihan berkendara, yakni normal, eco, power. Sehingga pengemudi bisa memilih ingin performa yang maksimal saat berkendara atau efisiensi bahan bakar.

Sensasi berkendara Toyota Yaris CrossKompas.com Sensasi berkendara Toyota Yaris Cross

Menyoal fitur keselamatan, Toyota Yaris Cross sudah dilengkapi dengan 6 Airbags, serta Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur TSS pada Yaris Cross meliputi Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Pedal Misoperation Control.

Serta Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, Hill Start Assist dan terakhir Vehicle Stability Control.

Saat tim redaksi menjajal Yaris Cross, beberapa fitur TSS dari mobil ini bekerja dengan baik. Misalnya saja ketika ingin berpindah lajur di jalan tol tanpa menyalakan lampu sein, fitur Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention langsung aktif dan memberi peringatan kepada pengemudi dengan cara mengkoreksi setir secara otomatis serta muncul lampu peringatan di MID.

Selanjutnya, fitur yang tim redaksi coba adalah Adaptive Cruise Control. Dengan fitur ini, kendaraan dapat menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan yang berada di depan.

Toyota Yaris CrossKompas.com Toyota Yaris Cross

Secara garis besar fitur ini menggunakan radar dan kamera untuk mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil di depannya, serta mengatur kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak ideal.

Caranya, bisa dilakukan dengan menekan tombol ikon mobil dengan tiga garis di bawah yang ada pada kemudi. Pengemudi bisa mengatur kecepatan maksimal berapa dan mau berapa jaraknya dengan kendaraan depan.

Baca juga: Ulas Tampilan dan Kenyamanan Interior Toyota Yaris Cross

Seperti contoh, pengemudi sedang berkendara mencapai 50 km per jam, maka sistem ACC ini bisa mempertahankan kecepatan tersebut tanpa harus menginjak pedal. Tidak hanya untuk mempertahankan kecepatan, fitur ACC ini juga bisa mengerem secara otomatis saat sensor mendeteksi adanya kendaraan di depan.

Secara keseluruhan, All New Yaris Cross memiliki sejumlah fitur yang cukup mumpuni bagi pengemudi dan penumpang. Terlebih harga yang ditawarkan cukup bersaing, yakni sekitar Rp 400 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com