Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Mesin Mobil Overheat

Kompas.com - 09/10/2023, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketika mesin mobil mengalami overheat, menandakan telah melebihi batas normalnya, sehingga menciptakan potensi kerusakan serius pada komponen.

Sehingga sebagai pemilik mobil harus mengetahui faktor penyebab overheat pada mesin, agar bisa mengidentifikasi masalah dan mengambil tindakan perbaikan yang tepat.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, penyebab overheat tidak hanya karena ada masalah ada komponen sistem pendingin mesin seperti radiator, coolant radiator, thermostat, kipas radiator dan water pump saja.

Baca juga: Ini Akibatnya jika Mesin Mobil Overheat Dipaksa Jalan

Ilustrasi mesin mobil overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin mobil overheat

“Pelumas mesin yang bermasalah, bisa tekanan yang berkurang atau saluran pelumas yang tersumbat. Namun pada umumnya yang sering terjadi karena adanya sumbatan di saluran pelumas,” ungkap Iwan kepada Kompas.com, Minggu (8/10/2023).

Iwan juga mengatakan, kebocoran oli yang masuk ke ruang pembakaran lewat piston atau ring piston, cylinder liner atau seal-seal katup, juga bisa menjadi penyebab overheat.

Selain itu, komponen mesin yang mengalami keausan juga bisa menjadi penyebab overheat, ini biasa terjadi di bagian bantalan atau piston sudah oblak. Ditandai dengan suara mesin menjadi kasar.

Baca juga: Jangan Khawatir, Cuaca Panas Tidak Menyebabkan Mobil Overheat

Ilustrasi mesin overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin overheat

Kemudian faktor yang paling fatal bisa menyebabkan overheat, dan harus dihindari adalah menerjang banjir.

“Mobil menerjang banjir, akan menjadi fatal kalau sampai air terhisap mesin, karena akan terjadi water hammer. Setang piston bisa patah, piston dan blok mesin bisa pecah,” tambah Iwan.

Iwan mengatakan, jika piston sudah rusak maka jalan satu-satunya adalah turun mesin. Tindakan ini diambil dengan harapan bisa mencegah kerusakan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com