Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Overheat pada Vespa Klasik

Kompas.com - 03/08/2023, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Merawat Vespa klasik memang membutuhkan perhatian ekstra dan usaha lebih dibandingkan dengan motor modern. Sehingga, yang baik perlu dilakukan untuk menjaga Vespa untuk bisa berfungsi dengan baik dan tampil prima.

Bagi pemilik motor Vespa klasik, kendala mesin overheat ini menjadi salah satu tantangan yang perlu diperhatikan. Mesin yang overheat bisa menyebabkan berbagai masalah serius pada mesin jika tidak ditangani dengan benar.

Untuk kenyamanan berkendara, pengguna Vespa klasik harus memperhatikan apa penyebab overheat dan cara mengatasinya dengan benar, agar tidak timbul kerusakan pada komponen lainnya.

Baca juga: Tips Pemula ssyang Ingin Bermain Vespa Klasik Dua Tak

Motor Vespa klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Motor Vespa klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Memahami penyebab masalah pada kendaran, seperti overheat pada Vespa klasik adalah langkah penting dalam merawat kendaraan dengan baik. Dengan pemahaman yang baik tentang masalah umum yang terjadi, dapat membantu mengidentifikasi gejala awal dan dapat mencegah masalah yang lebih serius.

Quthbi Firdauz, pemilik bengkel DRT Scoot "Scooter Service" di Wonogiri,menjelaskan penyabab overheat pada mesin Vespa klasik.

"Vespa klasik yang overheat ini, ada kemungkinan oli samping kurang atau terjadi masalah pada karburator'" ucap Quthbi kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: Dijual, Vespa Klasik Harga Setara dengan Tiga Unit Ertiga w dan penurunan kinerja mesin. Quthbi juga menjelaskan cara sederhana yang perlu dilakukan saat Vespa klasik mengalami overheat.

"Diamkan Vespa beberapa menit agar mesin dingin, setelah itu Vespa sudah bisa kembali normal lagi", ucapnya.

Dengan mendiamkan mesin Vespa selama beberapa menit, ini akan memberikan kesempatan untuk mesin mendinginkan diri setelah mengalami overheating. Ini juga berguna untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com