Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thermostat Macet Bisa Menjadi Faktor Overheat Mesin Mobil

Kompas.com - 01/08/2023, 12:02 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Katup thermostat menjadi salah satu komponen yang penting dalam sistem pendingin mobil yang bertugas untuk mengatur kinerja mesin agar tetap berada dalam kisaran suhu optimal.

Masalah pada katup thermostat seperti terjebak dalam posisi terbuka atau tertutup, dapat menyebabkan masalah pada sistem pendingin dan mengakibatkan mesin overheat.

Ketika jantung pacu terlalu panas beberapa komponen lain juga bisa mengalami kerusakan, sehingga perlu biaya perbaikan yang cukup mahal.

Bagi para pemilik mobil dianjurkan untuk mengetahui penyebab overheat mesin mobil yang sangat beragam. Salah satunya terjadi masalah pada komponen thermostat.

Baca juga: Tanda Suhu Mesin Mobil Dikatakan Overheat

Thermostat Original Toyota Kompas.com Thermostat Original Toyota

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan, faktor penyebab mesin overheat banyak salah satunya katup thermostat yang macet dalam konsisi menutup. Posisi katup berada di saluran air pendingin antara mesin dan radiator.

"Jika thermostat macet, maka akan menutup aliran air pendingin sehingga mesin overheat karena tidak ada pendingin," ucap Suparna.

Baca juga: Kipas Radiator Rusak Sering Jadi Penyebab Mesin Mobil Overheat

Ilustrasi mobil mengalami overheatZulfana K. Rijal Ilustrasi mobil mengalami overheat

Penjelasan serupa juga dikatakan oleh Agus Setiawan, Pemilik Sriyantin Car Spesialis Nissan & Datsun, menjelaskan, panas berlebih pada mesin mobil disebabkan oleh sistem pendingin mesin yang tidak baik, sedangkan detailnya mencakup banyak komponen.

"Selain terhapat dapat masalah (overheat) pada mobil akibat kipas radiator, thermostat yang rusak juga dapat menyebabkan masalah," ucap Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Thermostat macet dan mengakibatkan saluran air pendingin tidak bersirkulasi dengan baik, water pump juga bisa ompong atau aus yang mengakibatkan sirkulasi air pendingin tidak lancar yang akhirnya membuat mesin overheat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com