Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Simak Cara Proper Pasang Bodykit Mobil

Kompas.com - 09/10/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi saat ini menjadi hal lumrah yang banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Alasannya pun beragam, mulai dari hobi hingga ingin membuat tampilan roda empatnya menjadi beda dari yang lain.

Salah satu modifikasi yang cukup banyak diminati oleh pemilik mobil adalah dengan menyematkan bodykit agar tampilan kendaraannya lebih menarik. Namun, sebelum memasang bodykit pada mobil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak kecewa dengan hasil akhirnya.

Andra, modifikator sekaligus pemilik dari Platinum Auto Workshop (PAW) mengatakan, untuk mendapatkan tampilan yang presisi saat menambah bodykit mobil, hal yang paling utama adalah menyesuaikan dengan pelek yang digunakan.

Baca juga: Kromworks Kembali Raih Best Custom Bike Show di Kustomfest 2023

Modifikasi Lexus LX 600 dengan body kit dari Liberty WalkDok. Carbuzz.com Modifikasi Lexus LX 600 dengan body kit dari Liberty Walk

“Disesuaikan dengan kaki-kaki dulu, fitting pelek yang tepat baru kita berlanjut ke body, jangan setelah beli mobil kita tentuin bodikitnya dulu,” ucap Andra, kepada Kompas.com, Sabtu (7/10/2023).

Menurut Andra, dengan melakukan ubahan pada sektor kaki-kaki terlebih dulu, pemilik kendaraan bisa dengan mudah menentukan aliran modifikasi apa yang akan diterapkan pada mobilnya.

“Kaki-kaki akan menentukan aliran modifikasi kita ke arah mana bisa ke elegan, racing dan lain-lain. Fitment juga kita sesuaikan dengan kaki-kaki alhasil pasti bagus hasilnya,” kata Andra.

Bodykit Ioniq 5 garapan Coga Bodykitdok pribadi Andra Platinum Auto Workshop (PAW) Bodykit Ioniq 5 garapan Coga Bodykit
“Contoh, beli mobil bodykit Ioniq 5 dengan over fender yang seperti itu (lihat foto di atas) tapi tidak didukung dengan pelek nya yang pas tidak akan bagus hasilnya. Misalnya lagi, Corolla Altis peleknya masih standar, jadinya ‘cungkring’ kalau peleknya tidak diganti dulu,” lanjut Andra.

Baca juga: Mazda RX-8 dan Ferrari Kecelakaan, Bawa Mobil Sport Butuh Keahlian

Andra melanjutkan, bagi pemilik mobil yang ingin memasang bodykit disarankan untuk menggunakan bahan fiber.

“Fiber itu daya bobotnya enteng dan membentuk lekukan nya gampang banget. Sekelas Liberty Walk saja satu setnya bahannya fiber semua. Tidak ada mereka yang bikin pake plat, karena berat. (Bahan) Plastik juga jarang, kecuali di add on saja,” kata Andra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com