Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Monster Rasa Lamborghini Gran Turismo

Kompas.com - 08/10/2023, 14:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kustomfest 2023 memasuki hari terakhir sejak diselenggarakan mulai Sabtu 7 Oktober 2023 di Jogja Expo Centre (JEC). Festival ini menyuguhkan beragam motor dan mobil kustom dari peserta dan tamu spesial.

Adapun jumlah peserta Kustomfest 2023 kali ini lebih sedikit daripada tahun kemarin yakni ada 140 motor dan 30 mobil kustom yang bisa pengunjung nikmati berkat adanya seleksi yang lebih ketat.

Malam nanti, pengumuman pemenang motor kustom dengan berbagai kategori akan diumumkan. Sehingga, akan membuat acara Kustomfest 2023 semakin seru sampai penghujung acara.

Baca juga: Kustomfest 2023 Didominasi Karya dari Pendatang Baru

Ducati Monster 796 kustom mejeng di Kustomfest 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Ducati Monster 796 kustom mejeng di Kustomfest 2023

Salah satu motor kostum unik yang sempat terpantau Kompas.com, adalah motor sport Ducati kustom berasal dari Bali. Motor ini tampil dengan gagah dan apik memadukan warna hijau lumut dan emas sebagai kelirnya.

Imanuel, Pemilik Treasure Garage mengatakan motor kustom yang satu ini terinspirasi dari supercar Lamborghini Gran Turismo 63.

“Motor ini menggunakan bahan dasar motor Ducati Monster 796 tahun 2012, lalu dilakukan ubahan pada bodi dan rangka mencapai 70 persen menggunakan bahan aluminium,” ucap Nuel kepada Kompas.com, Sabtu (7/10/2023).

Ducati Monster 796 dibekali mesin dua silinder dengan kubikasi 803 cc, DOHC. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 87 Tk pada 8.250 Rpm serta torsi maksimal 78,5 Nm pada 6.250 Rpm.

Baca juga: Toyota Crown Flat Deck Gagak Rimang, Jadi Lucky Draw Kustomfest 2023

Nuel mengatakan ubahan selain rangka dan bodi ada pada sistem remnya yang sudah diganti pakai Brembo depan dan belakang. Begitu juga master rem dan koplingnya memakai merek yang sama.

Tampilan lampu depan sudah diubah sedemikian rupa menggunakan LED dan dibalut rumah lampu menggunakan bahan acrylic.

“Motor ini sudah menjadi milik klien saya di Semarang, ini sengaja saya daftarkan kontes di Kustomfest 2023 bersama dengan 4 motor lainnya,” ucap Nuel.

Baca juga: Beli Tiket Masuk Kustomfest 2023 Bisa di Lokasi, Ada Aturan Baru

Pria yang mendirikan bengkel kustomnya di Badung, Bali ini mengaku dalam mendesain motor selalu menonjolkan aksen futuristik sehingga motor tua bisa tampil lebih segar dan muda.

“Bagi masyarakat yang mau pesan dibuatkan motor kustom bisa menghubungi kami, untuk estimasi biayanya sekitar Rp 400 jutaan termasuk bahan motor dan konsep serupa,” ucap Nuel saat ditanya harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com