Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Sultan Hamengkubuwono X Buka Kustomfest Retro Future 2023

Kompas.com - 07/10/2023, 13:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sri Sultan Hamengkubuwono X, resmi membuka gelaran Indonesia Kustom Kulture Festival (Kustomfest) yang berlangsung dari 7-8 Oktober 2023 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta.

Sri Sultan yang juga merupakan Gubernur Yogyakarta mengucapkan apresiasi untuk penyelenggaraan Kustomfest yang konsisten terus diadakan selama 12 tahun dari sejak kehadiran pertamanya.

"Kostomfest tetap setia dengan komitmen di awal kelahirannya sebagai sebuah ruang saklar sekaligus bentuk kolaborasi nyata pergerakan kustom kulture yang mengusung identitas karya terbaik. Ini merupakan bentuk konsistensi dan kerja keras, serta dukungan semua pihak," ucap Sri Sultan dalam seremoni pembukaan Kustomfest di Yogyakarta, Sabtu (10/7/2023).

Baca juga: Kustomfest Memasuki Usia Ke-12, Jadi Budaya Modifikasi Indonesia

Lebih lanjut Sri Sultan mengatakan, pemilihan tema Retro Future pada gelaran Kustomfest 2023 ini bisa diibaratkan sebagai sebuah roda kendaraan yang esensinya saling membutuhkan.

Kustomfest 2023 resmi dibukaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Kustomfest 2023 resmi dibuka

Sementara itu Lulut Wahyudi, Director Kustomfest menjelaskan, tema Retro Future tahun ini di angkat sebagai sebuah cerminan dari sejarah panjang produk produk otomotif terkategori dalam berbagai era yang lazim disebut vintage, prewar, classic, retro.

"Pada saat sebuah kendaraan dibuat baik desainer, produsen sales sampai pembeli tidak pernah berpikir produk tersebut akan menjadi sebuah produk vintage, klasik, retro dan sebagainya di masa yang akan datang. Kita tahu bahwa yang membedakan dari setiap era tersebut adalah muncul karya yang dihasilkan oleh pelaku kustom kulture," ujar Lulut.

Baca juga: Toyota Crown Flat Deck Gagak Rimang, Jadi Lucky Draw Kustomfest 2023

Lebih lanjut Lulut menjelaskan, temaa ini juga sekaligus mengajak untuk berpikir, melihat mencermati bahwa kendaraan atau produk yang saat ini mungkin terlihat biasa saja tetapi di masa depan bisa jadi sesuatu yang langka dan menjadi produk buruan kolektor.

Kustomfest 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Kustomfest 2023

Selain jadi ajang unjuk karya terbaik dari para builder lokal, Kustomfest 2023 juga masih dihadiri builder internasional seperti Mooneyes, Hiro “Wildman” Ishii, Natqq, Winston Yeh - Rough Crafts, Kaichiroh Kurosu - Cherrys Company, Masayuki Sugihara - Luck MC, Yuichi Yoshizawa - CW Zon, Toshiyuki “Cheetah” Osawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com