Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan, Kemenhub Kerjasama dengan Penyedia Jasa Transportasi

Kompas.com - 07/10/2023, 14:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan, Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) medukung segala bentuk kerja sama para penyedia jasa transportasi, termasuk antara Lion Air dan GoTo.

Kemitraan tersebut diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan dalam perhelatan Hub Space X KAI Expo 2023 beberapa waktu lalu.

Langkah ini, menjawab visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membuat hal baru dalam layanan transportasi untuk masyarakat dan mengantisipasi kemacetan di kota.

Baca juga: Beli Tiket Masuk Kustomfest 2023 Bisa di Lokasi, Ada Aturan Baru

Ilustrasi mitra driver GojekDok. Gojek Ilustrasi mitra driver Gojek

Adapun prosesi penandatanganannya, disaksikan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut Ridwan Effendi.

Dijelaskan Presiden Direktur Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi, kolaborasi dengan GoTo memungkinkan para penumpang Lion Air Group menggunakan layanan untuk bisa mencapai tujuan selanjutnya setelah mendarat di bandara.

Sebab, pesawat tak bisa mengantarkan penumpang hanya sampai bandara saja. Jadi dengan kerja sama maka membantu penumpang untuk sampai ke tujuan selanjutnya, termasuk ke rumah masing-masing.

Baca juga: Ragam Kegiatan Kustomfest 2023 di Jogja

"Targetnya untuk memudahkan pengguna jasa, jadi otomatis pengguna jasa jadi lebih dipermudah (untuk mendapat layanan transportasi lain usai turun dari pesawat)," ucapnya dalam keterangan tertulis.

Menurut Daniel, diharapkan kerja sama ini dapat memberi solusi yang lebih baik kepada penumpang. Pun demikian diharapkan juga kerja sama ini dapat meningkatkan jumlah penumpang yang signifikan pada tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com