Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berkendara Segway E110L, Nyaman buat Harian

Kompas.com - 07/10/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segway E110L menjadi salah satu motor listrik yang masuk ke segmen premium. Harga dari skuter listrik itu sekitar Rp 40 jutaan, memang lebih mahal dari berbagai merek lokal.

Redaksi Kompas.com pun dapat kesempatan buat mengetes motor ini selama beberapa hari. Soal postur duduk, sebenarnya E110L punya bangku yang cukup santai, segitiga ergonominya tergolong nyaman.

Redaksi yang mencoba punya postur 178cm dan masih nyaman untuk harian. Posisi tangan rileks, jadi tidak bikin pegal kalau dipakai dalam waktu yang cukup panjang.

Baca juga: Ada Lima Cara Buat Menghidupkan Motor Listrik Segway E110L


Hal yang paling redaksi suka dari E110L adalah banyaknya opsi untuk menyalakan motor. Paling mudah, tinggal koneksikan HP dengan motor, maka tinggal kantungi saja HP dan motor bisa dinyalakan.

Ketika dibawa berkendara, tersedia tiga mode 1, 2, dan 3. Sebenarnya, mode tadi cuma membuat motor ngacir lebih cepat, di mode 1 batas kecepatannya sekitar 40 Kpj, lalu naik ke 60 Kpj, dan di mode 3 sekitar 72 Kpj.

Hal yang redaksi paling suka dari Segway E110L ini adalah power delivery yang sangat halus. Artinya saat tancap gas, responnya tidak ngagetin, cenderung halus, sehingga lebih mudah dikendalikan.

Baca juga: Bursa Transfer MotoGP, Honda Rekrut Vinales Gantikan Marquez

Segway E100 LKOMPAS.com/ADITYO WISNU Segway E100 L

Lalu, dimensi dari E110L yang ringkas ini juga menyenangkan buat diajak selap-selip di tengah kemacetan. Jadi bisa dibilang E110L sangat menyenangkan buat dipakai di perkotaan.

Sayangnya, hal yang kurang kami sukai adalah jarak tempuhnya. Sebenarnya, Segway klaim kalau E110L ini bisa menempuh jarak 60 Km sampai 110 Km, tergantung dari cara berkendara.

Berdasarkan pengetesan kami, dari baterai penuh, E110L bisa menempuh jarak sekitar 70 Km. Kami bawa tanpa berhenti sejauh 60 Km, baterai masih sisa sekitar 10 persen.

Segway E100 LKOMPAS.com/ADITYO WISNU Segway E100 L

Jadi kalau dilihat jarak tempuh, memang lebih enak buat dipakai harian saja di perkotaan. Rasanya jika dibawa ke luar kota, masih kurang pas, jaraknya dan respon gasnya terlalu santai, kurang enak dibawa gaspol.

Untuk pengecasan, Segway memberikan standard charger, lamanya delapan jam sampai sembilan jam. Sedangkan tersedia opsi beli fast charging, pengecasan sampai full cuma dua jam saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com