Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Momen Terbaik Marc Marquez di MotoGP Bersama Honda

Kompas.com - 05/10/2023, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP


JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez memutuskan untuk bercerai dengan Honda setelah 11 tahun bersama. Marquez pisah dengan pabrikan yang sudah membawanya meraih gelar enam kali juara dunia.

Musim depan Marquez akan menggunakan seragam Gresini Racing Ducati. Meski secara kelas dia "turun tahta" karena pindah ke tim satelit, namun harus diakui bahwa saat ini motor Ducati ini merupakan motor terbaik di lintasan MotoGP.

Baca juga: Setelah MotoGP, Sirkuit Mandalika Akan Gelar Porsche Sprint Challenge

Marquez pertama kali pindah ke MotoGP pada musim 2013 dan sejak itu pebalap asal Cervera, Spanyol ini langsung menjadi ancaman para pebalap veteran.

Berikut 10 momen terbaik Marquez bersama Honda dilansir dari MotoGP:

1. Marquez merupakan pebalap termuda yang memenangkan balapan di kelas MotoGP, tepatnya pada MotoGP Amerika 2013.

2. Marquez berhasil meraih pole position di MotoGP Jepang 2022 dengan catatan 1 menit 55,214 detik, setelah terakhir diraihnya pada 2019. Terlebih pada 2020 dia mengalami patah lengan kanan yang membuatnya harus melakukan empat kali operasi.

3. Marquez meraih pole position di MotoGP Amerika 2015. Saat itu di kualifikasi motornya mengalami kendala. Marquez kemudian berhenti dan melompati tembok, berlari ke paddock dan memakai motor cadangan tapi berhasil menjadi yang tercepat.

4. Pada musim 2019 Marquez mencetak rekor dengan megoleksi 420 poin sepanjang musim.

5. Marc Marquez menjadi pebalap tercepat saat kualifikasi MotoGP Ceko 2019. Saat itu Marquez jadi pebalap paling cepat dan meraih pole position hanya dalam waktu 2,5 detik.

6. Sepanjang kariernya Marquez merupakan rajanya MotoGP Jerman sampai dikasih nama The ShansenKing. Pada musim 2019 Marquez mempertahankan kemenangan di MotoGP Jerman selama 581 hari. Total Marquez menang 11 kali di GP Jerman dengan 8 di antaranya di kelas MotoGP.

7. Marquez merupakan pebalap yang agresif. Namun talentanya tidak bisa diremehkan. Pada MotoGP Valencia 2017 Marquez berhasil selamat dan tidak jatuh saat dibelokan dengan menahan pakai sikut meski dia masuk ke area gravel.

8. Marc Marquez berhasil selamat tanpa luka berarti setelah mengalami kecelakaan hebat saat latihan di MotoGP Thailand. Marquez mengalami highside, dirinya jatuh dan kemudian "ngegelosor" di aspal sampai gravel, namun motor di belakangnya jungkir balik sampai hancur dan kemudian menang saat balapan.

9. Marc Marquez menang 10 balapan di musim keduanya di MotoGP musim 2014.

10. Marc Marquez merupakan pebalap termuda berumur 20 tahun yang berhasil menjadi juara dunia pada musim 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com