Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Panas, Jangan Simpan Barang-barang Ini di Dalam Mobil

Kompas.com - 29/09/2023, 13:31 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Jawa Tengah Iis Widya Harmoko mengatakan, berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu panas di Jawa Tengah saat ini berkisar 37-38 derajat celcius.

Cuaca panas itu tentunya membuat pemilik mobil mengeluh, karena udara panas membuat suhu dalam kendaraan meningkat secara signifikan. Sehingga membuat pengemudi dan penumpang tidak nyaman.

Bahkan beberapa pemilik mobil resah, jika cuaca panas bisa memicu kebakaran pada mobil. Meski pada kenyataannya risiko terjadi relatif kecil.

Baca juga: Awas Dehidrasi, Berkendara Motor Saat Cuaca Panas

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, kemungkinan mobil terbakar karena cuaca panas sangatlah kecil.

“Selama mobil itu masih standar dan terawat, kecil kemungkinan untuk terjadinya kebakaran karena cuaca panas,” ungkap Iwan kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Meski begitu, Iwan mengatakan pemicu mobil terbakar ini jika panasnya ekstrem dan suhu kabin menjadi 60 derajat celcius.

“Tapi kalau panasnya ekstrem, sampai suhu kabin di atas 60 derajat celcius karena di parkir di bawah terik matahari langsung, bisa saja terjadi kebakaran kalau ada pemicunya,” ungkap Iwan.

Baca juga: Pahami Jarak Aman Ketika Berkendara, Terapkan Rumus 3 Detik

Kebocoran oli mesin pada bagian seal poros engkol belakang dilihat dari sambungan mesin dan transmisi.Kompas.com/Erwin Setiawan Kebocoran oli mesin pada bagian seal poros engkol belakang dilihat dari sambungan mesin dan transmisi.

Iwan juga menjelaskan, mobil yang terbakar pasti karena ada sebabnya, seperti kendaraan yang sudah tua, ada kebocoran dari oli dan bahan bakar. Sehingga kecil kemungkinan mobil yang terawat tiba-tiba terbakar ketika cuaca panas.

Iwan mengatakan, meninggalkan barang yang mudah terbakar dalam mobil juga dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Ada faktor lain seperti meninggalkan barang-barang yang mudah terbakar, misalnya korek api gas, parfum ruangan, power bank,” ungkap Iwan.

Meninggalkan barang-barang tersebut dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari, dapat meningkatkan risiko kebakaran. Sehingga pemilik disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut. Serta jika memungkinkan, sebaiknya parkir mobil di tempat teduh atau gunakan penutup jendela guna mengurangi paparan sinar matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com