Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Panas Ekstrem, Kaca Film Apa yang Ideal Melindungi Kabin?

Kompas.com - 29/09/2023, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang ekstrem belakangan ini terjadi membuat suhu dalam kabin juga jadi meningkat. Untuk bisa meredamnya, maka dibutuhkan kaca film yang tepat.

Christopher Sebastian, CEO Makko Group, mengatakan, cuaca panas matahari yang ekstrem saat ini tentunya sangat berbahaya. Sebab, sinar UV yang menyengat dapat menyebabkan kanker kulit dan mata katarak,

Baca juga: Cover Mobil Bisa Jadi Solusi Ketika Cuaca Panas

"Maka itu, diperlukan kaca film dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menolak sinar UV matahari," ujar Christopher, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Memilih kaca film harus cermat.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Memilih kaca film harus cermat.

Menurutnya, saat ini banyak sekali kaca film yang beredar dengan klaim mampu menolak sinar UV hingga 99 persen dan infrared yang tinggi hingga 90 persen.

"Tapi, mayoritas kaca film tersebut masih dengan kemampuan parameter panjang gelombang hanya 100 hingga 200 nanometer saja. Artinya, hanya mampu menolak sinar UV di level paling rendah atau paling awal saja," kata Christopher.

Christopher mengatakan, padahal di cuaca panas ekstrem saat ini diperlukan kaca film yang mampu menolak sinar UV di level tertinggi, yaitu minimal di 315 hingga 400 nanometer, tetapi tetap mempunyai kejernihan yang baik untuk malam hari.

Baca juga: Cuaca Panas, Berapa Setelan AC Mobil yang Ideal?

"Spesifikasi tersebut ada di kaca film Masterpiece tipe Renzu Mint dan Black Shinju serta kaca film Blacklist tipe Blackuroi," ujarnya.

Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.theclippingpoint Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.

Christopher menjelaskan, kaca film Masterpiece saat ini dibuat dengan teknologi terbaru, karena telah disempurnakan dari teknologi UV400 yang lama, yaitu Masterpiece Inorganic Nano+ UV400 with Night Vision Tech.

Kaca film Masterpiece selain bisa menolak sinar UV dengan maksimal juga gelap di siang hari tetapi terang di malam hari. Sebab, kaca film tersebut dibuat dengan proses divergensi ceramic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com