Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP India 2023, Semua Pebalap Mulai dari Nol

Kompas.com - 22/09/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, dalam kurun waktu lebih dari satu dekade, MotoGP akan digelar di sirkuit baru tanpa sesi tes sebelumnya. Semua tim dan pebalap tidak dimodali dengan data pada MotoGP India 2023.

Balapan pada MotoGP India 2023 akan digelar di Sirkuit Buddh. Belum ada pebalap MotoGP yang pernah mencoba sirkuit ini sebelumnya.

Baca juga: Nonton MotoGP Mandalika di Tribun Marc Marquez, Ada Banyak Hadiah

Selain itu, balapan di sirkuit baru ini memberikan pengalaman yang berbeda bagi semua tim dan pebalap. Sebab, pada beberapa sirkuit baru yang pernah dilalui, semua tim dan pebalap melakukan sesi tes terlebih dahulu.

Kedua pebalap Gresini Racing, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023Dok. Gresini Racing Kedua pebalap Gresini Racing, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023

Sebut saja MotoGP Amerika 2013 di Sirkuit Texas, MotoGP Argentina 2014 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, MotoGP Austria 2016 di Sirkuit Red Bull Ring, MotoGP Thailand 2018 di Sirkuit Buriram, MotoGP Portugal 2020 di Sirkuit Portimao, dan MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika.

Untuk MotoGP India 2023, semua pebalap baru akan merasakan sirkuit ini dengan motor MotoGP pada sesi latihan bebas yang digelar Jumat pagi waktu setempat.

Baca juga: Tiket MotoGP Mandalika Khusus Penggemar Ducati, Bisa Ketemu Bagnaia

Bahkan, bukan hanya para pebalap saja yang menjalani balapan ini tanpa data. Pemasok tunggal ban MotoGP, Michelin, juga tidak memiliki data terkait sirkuit tersebut.

Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.Dok. Michelin Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.

"Ini adalah situasi yang sangat menarik karena semua orang memulai dari nol dan strategi yang diterapkan di awal seri ini akan sangat penting," ujar Piero Taramasso, Manager Motorsport Michelin, dikutip dari Crash.net, Kamis (21/9/2023).

"Kami melakukan simulasi komputer untuk mencoba mengasimilasi tekanan termal dan memilih senyawa terbaik, tetapi jelas bahwa tes fisik akan sangat penting untuk menyempurnakan set-up sepeda motor," kata Taramasso.

Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.AFP/JOHN THYS Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.

Taramasso menambahkan, ini adalah satu-satunya seri di musim ini di mana semua pebalap akan membalap tanpa menggunakan data sebelumnya. Analisis yang dilakukan terhadap sirkuit ini menunjukkan kemiripan dengan Red Bull Ring di Spielberg (Austria) atau Buriram (Thailand).

"Sebagai hasilnya, kami memperkirakan kondisi yang sangat menuntut untuk ban belakang, dan terutama di sisi kanan. Karena regulasi mengizinkan, kami akan membawa kompon tambahan untuk bagian depan dan belakang," ujar Taramassio.

"Untuk memenuhi tuntutan yang diharapkan, kami telah memilih ban simetris untuk bagian depan, dan asimetris di bagian belakang, yang akan diperkuat di sisi kanan. Kami tak sabar untuk segera tiba di sana dan melihat motor pertama di lintasan," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com