Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hongaria Kembali Menjadi Tuan Rumah MotoGP

Kompas.com - 19/09/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports berencana untuk menambah lagi tuan rumah MotoGP. Belum lama ini, dikabarkan bahwa Hongaria akan kembali menggelar ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Dikutip dari Motogp.com, Selasa (19/9/2023), kolaborasi Dorna Sports dengan Hungarian Mobility Development Agency (Humda) terus berlanjut. Dua tempat sedang dijajaki dalam waktu dekat.

Baca juga: Pebalap MotoGP Cabang Andorra Belajar Sirkuit Baru India

Untuk diketahui, Dorna Sports dan Humda bekerja sama dalam homologasi Hungaroring dan Sirkuit Balaton Park yang baru untuk membawa MotoGP dan World Superbike (WorldSBK) kembali ke Hongaria.

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, memimpin balapan Sprint Race MotoGP San Marino 2023 di Sirkuit Misano, Sabtu (9/9/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, memimpin balapan Sprint Race MotoGP San Marino 2023 di Sirkuit Misano, Sabtu (9/9/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Sebelumnya, Hongaria pernah juga menjadi tuan rumah untuk ajang balap motor ini, yakni pada tahun 1990 dan 1992. Namun, saat itu masih era 2-tak, masih menggunakan nama Grand Prix dan belum berganti ke MotoGP.

Pebalap yang pernah menjuarai balapan di Hungaroring adalah Mick Doohan pada 1990 dan Eddie Lawson pada 1992.

Baca juga: Tiket Premiere MotoGP Mandalika 2023 Habis, Cek Kategori yang Tersisa

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Tujuan dari kesepakatan terbaru antara Dorna Sports dan Humda adalah untuk memasukkan Balaton Park ke dalam kalender WorldSBK 2024 dan sebagai tempat cadangan untuk MotoGP musim depan. Setelah itu, baru diikuti Hungaroring menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2025.

Untuk Balaton Park, baru dibuka tahun ini. Sirkuit ini menjadi sirkuit kedua di Hongaria yang sudah mengantongi lisensi Grade 1 dari FIA. Disebutkan bahwa sirkuit tersebut untuk saat ini baru bisa menampung 10.000 penonton dan tentunya akan ditambah ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com