Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Dilarang Menperin, Hyundai Tetap Kerek Harga Ioniq 5

Kompas.com - 21/09/2023, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pernah mengatakan bahwa Agen Pemegang Merek (APM) yang mendapatkan insentif mobil listrik dilarang menaikkan harga jualnya.

Agus mengatakan, produsen kendaraan listrik tidak boleh menaikkan harga jual selama program subsidi kendaraan listrik.

Baca juga: Soal Subsidi Kendaraan Listrik, Menperin: Produsen Tak Boleh Naikkan Harga Jual

"Agen Pemegang Merek (APM) enggak boleh menaikkan harga jual sampai program ini selesai. Khusus untuk produk yang mereka sudah daftarkan ke kami untuk ikuti program ini," kata Agus usai konferensi pers Insentif KBLBB di kantor Kemenko Marves, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Desain eksterior IONIQ 5 Indonesian Batik.Dok. Hyundai Desain eksterior IONIQ 5 Indonesian Batik.

Meski demikian, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum lama ini tetap menaikkan harga Ioniq 5. Kenaikan harga tersebut bersamaan dengan penyematan fitur terbaru, yakni Hyundai Bluelink.

"Setahu saya perbedaannya Rp 11 juta. Kurang lebih Rp 11 juta di setiap varian," ujar Putra Samiaji, Head of After-sales and Service PT HMID, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mobil Listrik Ioniq 5 Kini Dilengkapi Teknologi Hyundai Bluelink

Sebelumnya, Ioniq 5 tipe terendah atau Prime Standard Range, dibanderol Rp 748 juta. Sedangkan tipe tertinggi atau Signature Long Range, harganya Rp 859 juta.

Hyundai Ioniq 5 BluelinkKompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 Bluelink

Setelah disematkan Hyundai Bluelink, naik menjadi Rp 759 juta untuk Prime Standard Range. Sementara tipe Signature Long Range, harganya menjadi Rp 870 juta.

Tipe Harga Lama Harga Baru
Ioniq 5 Bluelink Prime Standard Range Rp 748 juta Rp 759 juta
Ioniq 5 Bluelink Prime Long Range Rp 789 juta Rp 800 juta
Ioniq 5 Bluelink Signature Standard Range Rp 809 juta Rp 820 juta
Ioniq 5 Bluelink Signature Long Range Rp 859 juta Rp 870 juta

Untuk diketahui, Hyundai Bluelink merupakan teknologi yang dapat menghubungkan smartphone dengan mobil melalui aplikasi. Beberapa fungsi pada mobil bisa diaktifkan melalui fitur-fitur pada aplikasi tersebut.

Hyundai Ioniq 5 BluelinkKompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 Bluelink

Ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com, pihak HMID mengatakan, dari sisi Hyundai sudah melakukan implementasi di lapangan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Perlu kami informasikan juga bahwa Ioniq 5 yang kami perkenalkan pekan lalu tanggal 13 September 2023, adalah Ioniq 5 model terbaru yang sudah dilengkapi oleh fitur Hyundai Bluelink," ujar Uria Simanjuntak, Head of Public Relations PT HMID, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com