Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Bicara Rencana Jual Ioniq 5 N di Indonesia

Kompas.com - 16/09/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 N kabarnya akan dipasarkan tidak lama lagi. Tidak menutup kemungkinan Indonesia juga akan menjadi salah satu negara yang memasarkannya.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Menurutnya, kemungkinan produk tersebut masuk ke Indonesia tetap ada.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Siap Dijual, Kisaran Harga Rp 1 Miliar

"Kita tentunya akan tetap melihat dinamika yang terbentuk dari semua aspek. Jadi, tentunya sebelum memutuskan untuk membawa suatu produk, kita akan memlihat dulu dan memastikan jika nanti produknya akan dibawa tentunya sudah harus ada yang disiapkan," ujar Astrid, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Hyundai Ioniq 5 nKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Hyundai Ioniq 5 n

Hyundai sebelumnya sudah menyebutkan bahwa Ioniq 5 N akan menyasar konsumen di kawasan Uni Eropa, Asia, dan Australia. Namun, untuk pasar Indonesia, Hyundai akan melihat bagaimana respons dari konsumen.

"Jadi, prinsipnya kita akan tampung juga. Saya belum bisa cerita lebih banyak lagi. Tapi, kalau market Indonesia antusias, ya nanti kita akan pikirkan bagaimana caranya," kata Astrid.

Baca juga: Ini Bedanya Hyundai Ioniq 5 N dengan versi Biasa

Ioniq 5 N kabarnya akan diluncurkan di Australia pada kuartal I 2024. Mobil listrik berperforma tinggi ini akan dibanderol 111.000 dolar Australia atau sekitar Rp 1 miliar.

Hyundai Ioniq 5 nKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Hyundai Ioniq 5 n

Jika masuk ke Indonesia, kemungkinan harganya akan lebih mahal. Kemungkinan akan mirip dengan Ioniq 6 yang saat ini dipasarkan dengan harga Rp 1,197 miliar.

Namun, tidak heran jika melihat spesifikasinya yang memang lebih tinggi dari Ioniq 5 standar yang saat ini diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Meski demikian, Hyundai enggan berkomentar terkait dengan harganya.

Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N
Dok. Hyundai Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N

"Saya tidak bisa bicara soal harga, karena angka akan sangat berkaitan dengan produk dan fitur yang dibawa. Jadi, saya tidak bisa bilang apakah itu bisa diterima atau tidak," ujar Astrid.

Untuk diketahui, Ioniq 5 N dibangun dengan platform yang sama seperti Ioniq 5, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP). Tapi, Ioniq 5 N dibuat lebih rendah 20 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih panjang 80 mm.

Baca juga: Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru dan Hijau

Hyundai Ioniq 5 nKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Hyundai Ioniq 5 n

Kemudian, pada bagian kaki-kakinya, dibekali dengan roda berukuran 21 inci. Untuk menghasilkan performa yang maksimal, ban Pirelli P Zero berukuran 275/35 jadi andalan.

Sementara pada interiornya, Ioniq 5 N memiliki desain setir yang baru dan memiliki berbagai tombol N, termasuk tombol N Grin Boost. Joknya model bucket, seperti pada mobil balap.

Hyundai Ioniq 5 nKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Hyundai Ioniq 5 n

Untuk baterainya, Ioniq 5 N membawa kapasitas yang lebih besar, yakni 84 kWh. Tenaganya diklaim mencapai 448 kW atau sekitar 601 Tk, tapi dengan mode Boost bisa bertambah hingga 478 kW atau setara 641 Tk. Tenaganya didapatkan dari motor listrik yang ada di roda depan dan belakang.

Dengan tenaga sebesar itu, Ioniq 5 N memiliki kemampuan akselerasi yang luar biasa. Untuk mencapai 100 kilometer per jam, diklaim hanya membutuhkan waktu 3,4 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, disebutkan bisa tembus 260 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com