Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Otomotif Nasional Soebronto Laras Meninggal Dunia

Kompas.com - 20/09/2023, 21:19 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokoh otomotif nasional Soebronto Laras meninggal dunia, Rabu (20/9/2023) malam di rumah sakit Medistra Jakarta. Pria 78 tahun ini meninggal pasca-operasi pengambilan cairan di  paru-paru. 

"Iya benar Pak Bronto meninggal dunia. Saya belum tahu bagaimananya, masih koordinasi. Meninggal di RS Medistra," ujar General Manager Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Joshi Prasetya kepada KOMPAS.com, Rabu (20/9/2023) malam.

Baca juga: Peluang Toyota Rumion Kembaran Suzuki Ertiga Masuk Indonesia

Perlu diketahui, Soebronto Laras lahir pada 6 Oktober 1943 di Jakarta. Dia merupakan anak kedua R. Moerdono dari empat bersaudara dan telah tertarik pada dunia otomotif sejak kecil.

Soebronto Laras (kanan) saat peluncuran Suzuki XL7 Hybrid di Jakarta.Kompas.com/Janlika Soebronto Laras (kanan) saat peluncuran Suzuki XL7 Hybrid di Jakarta.
 

Karier pertama sebagai Direktur PT. First Chemical Industry, yang bergerak dalam bidang formika, alat-alat plastik, dan perakitan kalkulator.

Berselang empat tahun kemudian, ia menjadi Direktur Utama perusahaan perakitan motor dan mobil Suzuki.

Sejak 1981 bisnis Indomobil Group bertambah kuat dengan masuknya grup Liem Sioe Liong. Selanjutnya pada 1984, Soebronto Laras menjadi Direktur Utama (Dirut) PT. National Motors Co. dan PT. Unicor Prima Motor, perakit mobil Mazda, Hino, dan sepeda motor Binter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com