Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Kehadiran Suzuki GSX-8R, Versi Fairing dari GSX-8S

Kompas.com - 12/09/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki global kebocoran, informasi soal motor barunya ketahuan. Motor sport dengan basis GSX-8S akan meluncur, diberi nama GSX-8R, pakai mesin 775cc dua silinder segaris.

Soal informasi motor baru ini kami kutip dari Visordown. Kabarnya GSX-8R akan meluncur pada EICMA Milan sebentar lagi. Pada dokumen itu pun dibilang kalau GSX-8R benar-benar mengambil basis dari GSx-8S.

Jadi dari rangka, mesin, suspensi, sampai pengereman, kemungkinan besar mengambil dari saudara naked-nya. Jadi ini seperti Yamaha R7 yang dari MT-07 dan Aprilia RS660 yang juga dibuat versi naked yakni Tuono 660.

Baca juga: Recall Motor Suzuki, Konsumen Ditunggu di Bengkel Resmi

Suzuki GSX-8S resmi dirilis di Jepang dengan harga Rp 120 jutaanAUTOBY.jp Suzuki GSX-8S resmi dirilis di Jepang dengan harga Rp 120 jutaan

Tapi dari dokumen tersebut, ada perbedaan di bobot lebih berat sekitar 3 Kg. Wheelbase sama, cuma sedikit lebih tinggi, dan 5mm lebih ramping, mengingat setangnya bukan lagi model fat bar.

Soal mesin, kabarnya akan sama, artinya 775cc dua silinder segaris yang menghasilkan tenaga 83 TK dan torsi 77,9 Nm. Tentu bakal ada sedikit ubahan di setelan, di mana dari motor naked jadi sporty yang buat dibawa balapan di trek.

GSX-8R akan masuk ke segmen supersport modern yang pakai mesin dua silinder segaris seperti RS660 dan R7. Tapi tentu soal tenaga masih kalah dari RS660, jadi bakal bersaing dengan R7.

Baca juga: Ulas Fitur Toyota Rumion, Ertiga Berwajah Innova


Kini memang pabrikan motor mulai beralih ke kelas sport menengah. Suzuki juga ditunggu akan mengeluarkan produk seperti apa dengan basis GSX-8S, di mana juga sudah hadir versi adventure yakni V-Strom 800 DE.

Mari kita tunggu akan seperti apa langkah Suzuki ke depannya. Nantinya kehadiran GSX-8R mengis ruang kosong di lini produk Suzuki yang sekarang tidak punya motor supersport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com