Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Resmikan Transportasi Mobil Listrik di Bali

Kompas.com - 19/09/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai diluncurkan pada akhir Agustus 2023 lalu, Toyota Mobility Foundation (TMF), yayasan nirlaba yang didirikan oleh Toyota Motor Corporation, secara resmi menandatangani nota kesepahaman dengan Kerthi Bali Santhi, sebuah perusahaan umum daerah, untuk memulai uji coba layanan Smart xEV Shuttle dan tampilan Dynamic Bus Schedule Display.

Pengunjung dan penduduk Ubud akan dapat merasakan dua solusi mobilitas yang akan diimplementasikan oleh TMF secara gratis mulai 22 September 2023.

Solusi mobilitas yang pertama adalah layanan shuttle xEV dengan rute tetap dan sesuai kebutuhan yang beroperasi dari pukul 06.00 WITA hingga 23.00 WITA di Area Ubud Pusat, dengan beberapa titik pemberhentian.

Semuanya berjarak 10 menit dengan berjalan kaki dari tujuan-tujuan wisata utama dan situs-situs terkenal lainnya.

Baca juga: Video Viral WNA Dorong Polisi Saat Ditilang, Cuma Dapat Teguran

Beberapa pemberhentian layanan ini terhubung dengan rute Trans Metro Dewata yang sudah tersedia sebelumnya, memungkinkan perjalanan yang nyaman untuk memasuki dan meninggalkan Ubud melalui layanan yang saling terkoneksi.

Adapun 10 kendaraan terdiri atas 5 kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) dan 5 kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) akan tersedia selama uji coba yang dimulai dari September 2023 hingga Februari 2024.

Puluncuran Toyota Mobility Foundation (TMF) di Ubud, Bali - Sustainable Mobility Advancing Real Transformation (SMART)KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Puluncuran Toyota Mobility Foundation (TMF) di Ubud, Bali - Sustainable Mobility Advancing Real Transformation (SMART)

Solusi yang kedua adalah penempatan tampilan Dynamic Bus Schedule Displays di halte bus padat lalu lintas dalam Rute Trans Metro Dewata, yang memberikan visualisasi waktu riil dari jadwal bus untuk para pengguna transportasi.

Ini memberikan kenyamanan dan kepastian dalam perencanaan perjalanan masing-masing, terutama saat digunakan bersamaan dengan solusi sebelumnya yakni xEV shuttle sesuai kebutuhan.

Selama uji coba, Toyota Mobility Foundation akan mengambil langkah proaktif untuk berkolaborasi dengan masyarakat setempat guna memastikan kemungkinan terbaik untuk kelangsungan layanan bahkan setelah uji coba berakhir.

Toyota Mobility Foundation, Kerthi Bali Santhi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten Gianyar akan memulai operasi Layanan Uji coba Layanan xEV Shuttle dan Dynamic Bus Schedule Displays pada tanggal 22 September di Ubud, Bali.

Toyota Toyota Mobility Foundation, Kerthi Bali Santhi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten Gianyar akan memulai operasi Layanan Uji coba Layanan xEV Shuttle dan Dynamic Bus Schedule Displays pada tanggal 22 September di Ubud, Bali.

Peluncuran layanan ini juga akan diikuti dengan inisiatif peningkatan kapabilitas bagi penduduk Ubud, yang bersama dengan hasil implementasi uji coba, akan digunakan untuk mengembangkan rekomendasi konkret untuk membangun model bisnis yang berkelanjutan dan layak.

Baca juga: Cara Cepat Cek Status Keabsahan STNK Secara Online

Ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan meningkatkan mobilitas di Ubud. Oleh karena itu, bahkan setelah uji coba berakhir pada Februari 2024, kedua solusi ini dapat diteruskan oleh pemangku kepentingan lokal yang akan dipilih oleh masyarakat setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com