Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau AC Xpander Dingin, Segini Estimasi Biaya Perawatan Berkalanya

Kompas.com - 17/09/2023, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander bisa menjadi alternatif masyarakat dalam membeli mobil bekas berkualitas. Melihat dari usianya baru memasuki 6 tahun sejak pertama kali meluncur pada 2017, mobil ini umumnya masih dalam kondisi sehat.

Xpander cukup nyaman lantaran memiliki kabin lega. Dengan tempat duduk tiga baris, mobil keluarga ini bisa menampung 7 orang dewasa.

Ditambah dua lokasi ventilasi udara air conditioner (AC) membuat mobil ini tetap nyaman saat dikendarai muatan penuh bahkan pada perjalanan siang hari. Letak blower AC ada di bagian depan dan tengah menggantung di plafon.

Baca juga: Cara Komunitas Xpander X-Moc Atasi Masalah Polusi Udara

Mitsubishi Xpander 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander 2023

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan AC pada Xpander cukup tangguh karena dibekali double blower.

“Berhubung double blower, maka evaporatornya juga ada dua, sehingga kemampuannya dalam menyejukan udara kabin lebih baik,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (15/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan AC pada Xpander perlu dirawat secara rutin agar kemampuannya tetap optimal serta mencegah terjadinya kerusakan komponen.

Minimal dilakukan penggantian oli kompresor setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km atau setahun untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan kerusakan kompresor.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Xpander, Tembus Rp 3 Jutaan

Muchlis mengatakan meski mobil terkadang AC masih terasa dingin setelah mobil menempuh jarak tersebut, perawatan tetap perlu dilakukan karena sesungguhnya pasti terjadi penurunan performa meski dalam skala kecil.

“Penurunan performa AC itu ada, hanya saja indera manusia kurang peka untuk merasakannya, akan lebih akurat bila dilakukan pemeriksaan menggunakan alat, dengan demikian akan terdeteksi,” ucap Muchlis.

Muchlis juga mengatakan selain penggantian oli kompresor, pembersihan komponen juga diperlukan sehingga aliran udara dalam kabin tetap bersih dan sehat.

Baca juga: Mengulik Perbedaan Suspensi Mitsubishi XForce dan Xpander

“Untuk mobil dengan double blower memang biaya servisnya lebih mahal daripada yang single, ini berhubungan dengan jumlah freon yang dibutuhkan serta jumlah bagian komponen AC yang dibongkar untuk dibersihkan,” ucap Muchlis.

Dengan demikian dalam sekali melakukan servis rutin AC Xpander membutuhkan biaya mulai Rp 300.000 - Rp 800.000 tergantung mau dilakukan pembongkaran atau tidak saat proses servis.

Untuk informasi lengkapnya, berikut rincian biaya servis AC rutin Xpander:

  1. Ganti oli kompresor ND 8 Rp 100.000
  2. Ganti freon Rp 200.000
  3. Perawatan ringan AC rutin, Rp 100.000
  4. Perawatan besar AC (termasuk biaya pembongkaran semua komponen), Rp 500.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com