Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Speedometer Motor Sunburn karena Parkir di Tempat Panas

Kompas.com - 12/09/2023, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Speedometer motor terutama yang modelnya LCD kerap mengalami kerusakan yang disebut dengan sunburn. Kondisinya, layar dari LCD sudah tidak kelihatan, atau jadi tidak jelas.

Banyak anggapan kalau speedometer yang kena sunburn ini akibat dari salah parkir. Katanya kalau motor diparkir di tempat yang terik, maka layar LCD jadi mudah kena sunburn.

Tapi sebenarnya, hal tersebut tidak lah benar. Seperti yang dikatakan Anton Suriyadi, pemilik Service Speedometer di daerah Ciracas, Jakarta Timur, sunburn di LCD kebanyakan karena usia.

Baca juga: Modifikasi Speedometer Motor Warna-warni, Justru Kehilangan Fungsi

Speedometer motor yang terkena sunburnSERVICESPEEDOMETER CIRACAS Speedometer motor yang terkena sunburn

"Bukan karena faktor matahari penyebab utamanya, tapi faktor usia dari lapisan polarizer itu sendiri," kata Anton kepada Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

Anton menjelaskan, lapisan polarizer adalah plastik filterisasi cahaya yang ditampilkan lcd. Biasanya ada dua sisi yang dipasang polarizer, kalau lapisan ini rusak, maka cahaya dari LCD jadi tidak tersaring, makanya jadi tidak jelas.

Baca juga: Rumor Kehadiran Suzuki GSX-8R, Versi Fairing dari GSX-8S


"Untuk Yamaha Aerox (banyak kasus sunburn) usianya (polarizer) lebih cepat karena speedometernya panas, dari lampunya," kata Anton.

Usia lapisan polarizer ini biasanya bisa lebih dari lima tahun. Kalau bicara matahari, sebenarnya tidak akan pengaruh ke lapisan polarizer, tapi akan merusak mika speedometer, jadi retak-retak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com