Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Ciri Baterai Smart Key Honda Lemah, Cek Speedometer

Kompas.com - 16/06/2023, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Smart Key system yang ada di motor Honda zaman sekarang membuat pemilik motor tidak lagi menggunakan kunci untuk menyalakan motor melainkan diberikan remot.

Ketika remot didekatkan dengan motor, maka kenop untuk menyalakan motor kemudian bisa ditekan dan diputar dan mesin menyala. Posisi Smart Key cukup disimpan di kantong, dengan jarak lebih kurang 2 meter dari motor maka sudah bisa terhubung.

Tentu hadirnya kunci pintar ini menambah kepraktisan ketika berkendara. Tapi, teknologi baru ada masalah baru, yakni remot memiliki baterai yang seiring waktu tentu akan habis.

Baca juga: Teknisi Honda Indonesia Targetkan Juara Pada Kontes Mekanik di Jepang

Tanda baterai smart key Honda mulai kehabisan bateraiKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Tanda baterai smart key Honda mulai kehabisan baterai

Jika baterai Smart Key habis, maka kenop yang tadinya bisa untuk mengaktifkan mesin, jadi tidak bisa. Pemilik harus mengganti baterai dulu dengan yang baru atau menyalakan dengan kode remot yang diberi saat pertama kali membeli motor.

Tapi, kondisi baterai remot yang melemah ini sebenarnya bisa dicek lewat speedometer. Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor menjelaskan, perhatikan instrumen kunci yang menyala saat motor diposisi on.

"Tanda baterai remot sudah mulai habis, ada lampu kunci (berkedip). Soalnya posisi motor dan remot terhubung, tapi motor membaca remotnya lemah, makanya dia berkedip," ucap Aries kepada Kompas.com, Rabu (12/6/2023).

Baca juga: Viral Video Truk Pakai Roda Modifikasi dari Besi


Biasanya, kalau baterai Smar Key masih baik, indikator kunci yang ada di speedometer tidak berkedip, cuma meyala saja. Oleh karena itu, cukup perhatikan indikator di speedometer saja untuk mengetahui kondisi baterai.

"Dia mencari sinyal kunci (makanya berkedip)," kata Aries.

Mengganti baterai Smart Key motor Honda bisa dilakukan sendiri. Cara membuka kuncinya bisa dengan koin dan diputar, lalu baterai bisa dibeli di mini market terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com