Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obati Penyakit Kronis Speedometer Yamaha Aerox, Suka Kena Sunburn

Kompas.com - 08/09/2023, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus speedometer Yamaha Aerox alami sunburn memang kerap dialami. Jadi pada bagian speedometer seperti ada yang terbakar sehingga tidak terlihat jelas indikatornya.

Sebenarnya, kerusakan speedometer ini bisa diperbaiki, cuma harus dibongkar dahulu. Ada beberapa komponen yang perlu diganti sehingga bisa aktif kembali.

Anton Suriyadi, Pemilik dari Service Speedometer di kawasan Cibubur menjelaskan, soal sunburn di Aerox sebenarnya bukan karena masalah salah parkir di bawah terik matahari, tapi ada masalah dari komponennya.

Baca juga: Tidak Lagi Juara WorldSBK, Rea Tinggalkan Kawasaki Pindah ke Yamaha

Masalah Sunburn di speedometer Yamaha AeroxKOMPAS.com Masalah Sunburn di speedometer Yamaha Aerox

"Menurut saya, semua LCD apapun itu pasti akan sunburn, tergantung usia. Aerox itu lebih cepat sunburn karena pencahayaan dari speedometernya yang panas," ucap Anton kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Anton mengatakan, untuk Aerox 155 yang awal, speedometernya menyala terang saat awal dinyalakan. Apabila terang, biasanya lampunya lebih panas dari yang agak redup.

"Setelah Aerox kan keluar Lexi, speedometernya sama, tapi yang Lexi bisa diatur penerangannya," kata Anton.

Baca juga: Bus Baru Karoseri Baihaqi Bernama Antarez, Ambil Inspirasi Bus Brasil

Aerox baru juga sudah ada setelan kecerahannya. Jadi masalah ini memang akan ditemui di Aerox 155 yang awal keluar.

"Terkait usia komponen, bisa empat tahun sampai lima tahun. Paling bisa antisipasi (agar tidak cepat sunburn), lampu kita redupkan, ganti lampu LED dengan yang watt lebih kecil," kata Anton.

Untuk perbaikan, Anton mengatakan pada bagian LCD dilepas polarizer yang sudah terbakar tadi dan diganti yang baru. Kalau sudah diganti, maka bisa normal kembali dan bisa dipakai seperti standar usianya.

"Biayanya Rp 200.000, garansi saya jamin selama setelah saya perbaiki dan ada kendala, bisa datang lagi ke sini," kata Anton.

Anton menjamin hasil kerjaannya. Jika ada kerusakan setelah pengerjaan, biaya servis kembalinya gratis, bahkan kalau masalahnya berbeda.

Bengkel Service Speedometer sendiri berada di kawasan Cibubur, Jalan Persatuan, Gang Mualimin No.39A, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com