Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Mulai Tes Sasis Serat Karbon, Aleix Beberkan Plus Minusnya

Kompas.com - 12/09/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM sudah mengetes sasis serat karbon yang digunakan oleh Dani Pedrosa pada MotoGP San Marino 2023 di Sirkuit Misano. Pada sesi tes Misano, Aprilia juga memiliki komponen yang sama untuk RS-GP.

Sasis serat karbon tersebut mulai dites oleh kedua pebalap pabrikannya, yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Namun, pengetesan ini baru awal, belum diketahui seberapa positif peningkatannya.

Baca juga: Aprilia Lebih Pilih Aleix Espargaro Ketimbang Marquez

"Kami harus mencobanya lagi. Ini terdengar aneh, tapi tidak buruk, tidak lebih baik. Ini benar-benar berbeda. Jadi, kami perlu mencobanya di sirkuit lain, Anda perlu untuk menyeimbangkan motor lagi," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Selasa (12/9/2023).

Aprilia mulai mengetes sasis dari serat karbon pada sesi tes Misano 2023Dok. Crash.net Aprilia mulai mengetes sasis dari serat karbon pada sesi tes Misano 2023

Aleix menambahkan, tidak semudah itu untuk menggunakan sasis serat karbon ini. Menurutnya, terkadang saat berada di level setinggi sekarang, sulit untuk bisa meningkatkan sasis.

Aleix sempat terjatuh saat mengetes sasis tersebut. Kecelakaan tersebut terjadi karena kehilangan cengkeraman pada ban belakang.

Baca juga: Bos Aprilia Tak Tertarik pada Marquez dan Quartararo

"Saya tidak yakin boleh mengatakannya, tapi rangka yang baru lebih ringan dan saya juga merasa ini sedikit lebih fleksibel, lebih empuk, yang mana bukan itu yang teknisi kami coba lakukan," kata Aleix.

Aleix espargaró dari tim Aprilia Racing saat sedang berlagaCrash Aleix espargaró dari tim Aprilia Racing saat sedang berlaga

Namun, Aleix menambahkan, sasis serat karbon membuat motor jadi lebih baik saat melewati permukaan aspal yang tidak rata. Tapi, karena lebih ringan, motor jadi sedikit tidak stabil.

Menurutnya, pengetesan kali ini hanyalan sesi tes kecil. Sasis serat karbon tersebut perlu juga dites dengan paket aerodinamis untuk musim depan. Untuk itu, dia tidak mau ambil risiko dengan menggunakan sasis tersebut dalam balapan di sisa seri musim ini.

"Bagi saya, paket yang kami miliki sudah cukup baik untuk bersaing untuk kemenangan. Saya tidak ingin mengubahnya, ini bukan waktunya untuk menggantinya. Kita memiliki banyak balapan, lebih baik fokus pada apa yang kita miliki, bahkan jangan terlalu banyak bermain dengan geometrinya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com