Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS 440, Motor Sport Ringkas dari Aprilia yang Segera Meluncur

Kompas.com - 12/07/2023, 19:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang peluncurannya, Aprilia RS 440 kembali tertangkap kamera sedang melakukan pengujian.

Kali ini, dengan jelas bagian bodinya terlihat tanpa ditutupi kamuflase, tapi ada alat di belakangnya yang sepertnya untuk mengumpulkan data.

Dikutip dari Autocar India, peluncuran Aprilia RS 440 ini diperkirakan pada bulan September mendatang. Pada foto ini pun terlihat jelas seperti apa versi produksi dari motor sport ringkas baru dari Aprilia.

Secara model, RS 440 mirip dengan kakaknya, yakni RS 660. Lampu yang tajam menyipit di bagian depan sudah pakai LED, di bagian bawahnya ada saluran udara dan lampu di tengah untuk high beam.

Baca juga: Aprilia Antisipasi Konflik antara Kedua Pebalapnya

Aprilia RS 440AUTOCAR INDIA Aprilia RS 440

Bagian fairing dibuat hampir menutup semua sektor mesin dan hanya menyisakan cover kopling yang ukurannya lebih kecil dari RS 660. Informasi yang beredar mesin yang digunakan adalah 440cc dua silinder segaris.

Mesin tadi akan memakai pendingin udara, DOHC dan kalau spesifikasinya benar, maka tenaga yang dihasilkan sekitar 40 Tk. Lumayan bisa bersaing dengan Ninja 400.

Soal sasis, RS 440 memakai model twin-spar aluminium. Pada kaki-kaki depan menggunakan suspensi upside-down dan belakang dengan monoshock.

Untuk roda, tepatnya pelek akan menggunakan 17 inci yang sudah dilengkapi cakram di depan dan belakang.

Baca juga: PO Mutiara Express Bocorkan Tanggal Layanan Perdana Bus AKAP


Terlihat dari foto, versi protitipe RS 440 yang tertangkap kamera punya posisi berkendara yang agresif. Bagian kaki cukup mundur dan setang clip on yang membuat pengendara jadi agak menunduk.

Selain itu, ada komponen dengan bahan premium seperti alloy swingarm dan sasis aluminium. Knalpot terlihat pakai model underbelly atau kolong yang membuat kesan lebih sporty.

Harga RS 440 diperkirakan bakal lebih tinggi dari KTM RC 390 yang satu silinder. Namun demikian, banderolnya bakal di bawah Ninja 400, atau ada di rentang 350.000 Rupee sampai 400.000 Rupee, setara Rp 63 jutaan sampai Rp 72 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com