Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Mobil Pakai Tali, Pelajari Cara Bikin Simpul yang Kuat

Kompas.com - 11/09/2023, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil mogok terkadang bisa terjadi sewaktu-waktu. Dalam keadaan darurat, biasanya mobil akan ditarik dengan tali tambang. Namun, pastikan simpul untuk menariknya sudah benar.

Pembuatan simpul yang salah akan menyebabkan tali bisa terlepas. Sehingga, dibutuhkan simpul yang tepat agar pegangannya kuat.

Salah satu pembuatan simpul tali yang benar dan mudah untuk dilakukan seperti pada video yang diunggah oleh akun TikTok @imam118d.

Baca juga: Mobil yang Diderek dengan Tali, Apakah Harus Nyalakan Hazard?

Jadi, seutas tali tambang ditekuk, kemudian bagian ujung yang membulat dimasukkan ke besi khusus untuk menarik mobil. Lalu, bagian tali yang pendek digulung melingkari seluruh bagian tali yang lain.

@imam118d #idekreatif #videoviral #fyp ? suara asli - Asenchow2305

Kemudian, bagian ujung tali pendek tersebut dimasukkan ke bagian tali yang membulat. Setelah itu, baru bagian tali yang panjang ditarik, sehingga bagian tali yang pendek akan terikat. Semakin tali ditarik, maka ikatannya akan kuat dan tidak akan terlepas.

Namun, penggunaan tali seperti pada video tersebut hanya untuk kondisi darurat. Disarankan untuk menggunakan tali atau strap khusus untuk menarik mobil.

Julian Johan, pereli nasional yang akrab disapa Jeje ini mengatakan, menurut pengalaman yang dia dapat dari off road, hampir pasti tidak memakai tali seperti itu dan membuat simpul.

Baca juga: Jangan Asal Ganti Warna Tali Sabuk Pengaman

"Kebanyakan kita sudah pakai tali strap, yang mana ujungnya itu bentuknya sudah membulat seperti cincin. Jadi, tinggal dicantolkan saja ke bagian untuk dereknya," ujar Jeje, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi derek mobilombro Ilustrasi derek mobil

"Sebab, jika kita pakai tali, terlepas dari ikatannya kuat atau simpulnya mudah dilepas, biasanya kalahnya bukan di bagian simpulnya. Tapi, di bagian tengahnya yang putus," kata Jeje.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, sudah ketinggalan zaman menarik mobil pakai tali tambang plastik. Meskipun, permukaan jalannya mulus dan lurus.

Derek Mobilombro Derek Mobil

"Untuk yang aman harus pakai strapper, lebih tahan terhadap beban tarik dan tidak mudah putus. Sebab, kalau saat narik itu kan harus ada tegangan terhadap tali sehingga kadang yang ditarik harus sedikit mengerem," ujar Sony.

Tali strap untuk derek sendiri banyak dijual di lokapasar. Harganya juga beragam, mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung dari panjang talinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com