Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak bagian yang bisa dimodifikasi pada sebuah kendaraan, salah satunya yaitu mengganti warna tali sabuk pengaman. Mengganti warna sabuk pengaman ini tentunya bisa meningkatkan penampilan kabin mobil tersebut.

Namun sebagai piranti keselamatan, ganti tali sabuk pengaman sebaiknya jangan sembarangan. Karena sabuk pengaman merupakan alat keselamatan ketika mengemudi, ganti tali sabuk pengaman yang abal-abal malah bisa membahayakan pengemudi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, mengganti sabuk pengaman dengan yang aftermaket memang bagus, namun perlu diperhatikan tingkat keamanan dan standar dari produsen sabuk tersebut.

Baca juga: MotoGP Selidiki Pebalap yang Diduga Curang Saat Latihan

ganti seat beltKompas.com/Fathan Radityasani ganti seat belt

“Ganti tali sabuk pengaman perlu diperhatikan bagaimana kekuatannya dan kemampuannya dalam menjaga keselamatan penggunanya. Karena kalau dibandingkan secara kasat mata memang sama, tapi bagaimana kekuatannya?,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat, (3/7/2020).

Produsen tali sabuk pengaman itu juga harus jelas, di mana pabriknya, bagaimana standarnya, dan materialnya harus teruji. Hal ini sangat penting karena ketika terjadi kecelakaan, tali sabuk pengaman memegang peranan penting.

Baca juga: Mengapa Motor Vespa Anda Sering Minta Jajan?

Tali sabuk pengaman itu memegang peranan dalam keselamatan, kuat dan sesuai kebutuhan, baik tebal, elastisitas maupun lebarnya,” ucap Sony.

Kalau tali tidak sesuai dengan standar, efeknya tidak akan menjaga keselamatan dari penggunanya. Oleh karena itu, memilih produk untuk mengganti tali sabuk pengaman tidak boleh sembarangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.