Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finis Keempat, Pedrosa Dapat Respek dari Para Rival

Kompas.com - 11/09/2023, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa berhasil tampil kompetitif pada MotoGP San Marino 2023 di Sirkuit Misano. Pebalap tes KTM ini sempat berharap untuk bisa naik podium, tapi pada akhirnya finis di posisi keempat.

Saat sprint race, Pedrosa juga berhasil bertahan di posisi keempat hingga finis. Meski gagal naik podium, tapi Pedrosa tetap mendapatkan respek dari para rivalnya.

Baca juga: Hasil MotoGP San Marino 2023: Ducati Kuasai Podium, Kejutan dari Pedrosa

"Saya senang, saya sangat menikmati balapan ini. Saya sedikit kesulitan di lap-lap pertama dengan ban belakang. Sebab, saya tidak bisa mendapatkan cukup temperatur yang cukup," ujar Pedrosa, dikutip dari Crash.net, Senin (11/9/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KTM Factory Racing (@ktmfactoryracing)

Pedrosa menambahkan, kondisi tersebut yang membuatnya mengalami beberapa momen hampir terjatuh. Sehingga, dia terpisah dari tiga pebalap terdepan, yakni Jorge Martin, Francesco Bagnaia, dan Marco Bezzecchi.

Pedrosa pun perlahan mulai mengejar rombongan tersebut. Tapi, ketika sudah mendekat, dia kembali hampir terjatuh setelah mengalami highside.

Baca juga: KTM Bereksperimen, Pedrosa Pakai Sasis dari Serat Karbon

"Saya terpisah lagi, tapi tidak jauh dari tiga pebalap terdepan. Saya berpikir 'jika saya bisa mendekat, mungkin mereka akan bersaing dan akan terbuka celah. Saya bisa mencoba untuk meraih podium'," kata Pedrosa.

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. @ktmfactoryracing Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

Pedrosa mengatakan, pada lap-lap terakhir, Bagnaia terlihat semakin kesulitan. Dia pun mencoba untuk melakukan usaha yang terakhir dan berencana menyalip Bagnaia pada dua lap terakhir.

"Saya tepat di belakangnya, lalu ketika saya merasa dia semakin mendekat, dia memberikan energi terakhirnya dan berhasil menahan saya di belakangnya," ujarnya.

Baca juga: Live MotoGP San Marino: Brad Binder, Miller, Pirro dan Mir Kecelakaan

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. KTM Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

Pedrosa menjadi wildcard pada dua seri, yakni Jerez dan Misano. Meski demikian, dia selalu membawa pulang poin. Bahkan, Pedrosa memiliki jumlah poin sedikit lebih banyak dari Marc Marquez.

Meski tampil kompetitif, tapi Pedrosa tidak lupa dengan tugas utamanya. Pada balapan ini, pebalap dengan nomor start 26 tersebut sekaligus mengetes sasis dari material serat karbon.

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino, Balapan Malam Ini Pukul 19.00 WIB

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. KTM Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

"Saya bisa lihat kami masih memiliki beberapa area untuk ditingkatkan. Ini benar-benar baru awalan dan kami sudah memutuskan untuk mengambil kesempatan menggunakannya untuk balapan jadi kami sedikit banyak memiliki pengetahuan tentang itu. Besok, para pebalap kami akan mencobanya," kata Pedrosa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com