Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pedrosa Kembali Jadi Wildcard di MotoGP San Marino 2023

Kompas.com - 08/09/2023, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Test rider KTM Dani Pedrosa akan kembali berlomba untuk yang kedua kalinya pada musim ini, setelah kembali ke MotoGP Spanyol 2023, akhir April lalu.

Wildcard kedua Pedrosa direncanakan terjadi pada MotoGP San Marino yang berlangsung pada 8-10 September di Sirkuit Misano, Italia.

Ketika MotoGP Spanyol, The Little Samurai bahkan menyelesaikan Sprint Race posisi ke-6, lalu memulai balapan utama dari tempat ke-6 di grid, dan finis di posisi ketujuh.

Baca juga: Iring-iringan Mobil Pengawal Wapres AS, Pakai Chevrolet Suburban

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Artikel ini berisi jadwal race MotoGP Spanyol 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Spanyol 2023.Dok. @ktmfactoryracing Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Artikel ini berisi jadwal race MotoGP Spanyol 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Spanyol 2023.

Memang, semasa aktif berlomba, Pedrosa berulang kali menang. Namun, untuk ukuran pebalap uji coba, finis 10 besar jelas menjadi pencapaian sendiri.

Akhir pekan ini, Pedrosa akan kembali Misano, tapi bukan karena kesuksesan pada penampilan wildcard pertamanya di tahun ini.

"Faktanya, lebih sulit bagi saya untuk menyetujui tugas ini. Namun segalanya telah berkembang sedemikian rupa sehingga kami memutuskan untuk melihat ini sebagai peluang bagus bagi kami,” ujar Pedrosa, dilansir dari Speedweek (7/9/2023).

Baca juga: Bus Baru Karoseri Baihaqi Bernama Antarez, Ambil Inspirasi Bus Brasil


Seperti diketahui, terjadi perubahan aturan mengenai jatah penggunaan ban saat pengujian. Di mana jatah setiap pabrikan kini dibatasi menjadi 200 ban dari semula 240 ban.

Karena perubahan inilah, aspek-aspek seperti set-up motor, strategi ban, hingga taktik balapan harus benar-benar diperhitungkan. Ini yang sangat memengaruhi Pedrosa, selaku pebalap penguji.

“Semua orang tahu bahwa ban depan adalah masalah terbesar dan Anda hanya bisa mengujinya pada balapan akhir pekan,” ucap Pedrosa.

“Karena masalah hanya terjadi ketika Anda mengemudi tepat di belakang lawan, dan dalam tes kami sendirian, kami memiliki maksimal tiga sepeda motor di lintasan dan kami tidak berkendara tepat di belakang satu sama lain,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com