Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Performa XForce, HR-V, dan Creta di Atas Kertas

Kompas.com - 15/08/2023, 12:32 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi XForce resmi meluncur dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Dengan sentuhan desain futuristik, mobil yang bermain di kelas SUV segmen B ini punya tampilan yang cukup sporty.

Untuk harga, XForce tipe terendah dijual Rp 382, 5 juta dan  Rp 419, 1 juta on the road Jakarta untuk varian tertinggi. Banderolnya cukup kompetitif dengan Honda HR-V SE dan Hyundai Creta Prime.

Bila dibandingkan ketiganya, secara spesifikasi mesin juga mengusung kubikasi yang sama, yakni 15.00 cc. Pertanyaannya, mana yang paling bertenaga?.

Baca juga: Dasbor XForce Disebut Mirip Stargazer, Ini Kata Mitsubishi

Mitsubishi XForce dibekali mesin MIVEC dengan kapasitas 1.500 cc DOHC 16-valve yang sama dengan Xpander. 

Dapur pacu tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 103 Tk pada 6.000 rpm, dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm yang disalurkan ke penggerak depan melalui transmisi CVT.

Sementara HR-V SE mengusung mesin 1.500 cc DOHC 16-valve yang mampu menyuplai tenaga 119 Tk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm.

Mobil ini juga telah dilengkapi sistem transmisi CVT sebagai penyalur tenaga di penggerak roda depan. 

Baca juga: Selain Xpander, Mitsubishi Pastikan XForce Punya Varian Hybrid

Honda HR-V SE 1.5LKOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda HR-V SE 1.5L

Sementara Hyundai Creta Prime yang dijual sebesar Rp 408,3 juta OTR Jakarta, mengusung mesin Smartstream 1.500 cc yang mampu memproduksi tenaga 115 Tk dan torsi 144 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke penggerak roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual enam percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT).

Berdasarkan klaim tenaga dan torsi, Mitsubishi XForce masih harus mengakui keunggulan performa dari olahan tenaga HR-V serta Creta. Demikian juga untuk urusan torsi. 

Namun memang masing-masing menawarkan sensasi berkendara yang berbeda-beda. Karena itu, baiknya yang penasaran langsung melakukan test drive.

Konsumen bisa melakukan test drive dengan mendatangi diler terdekat atau mengunjungi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung sampai 20 Agustus 2023 di ICE BSD.

Baca juga: Tampilan Mitsubishi XForce Lebih Gagah Pakai Aksesori Resmi

Hyundai Creta dipamerkan di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Hyundai Creta dipamerkan di Jakarta Fair 2023

Dengan demikian, performa dari masing-masing merek bisa secara langsung dirasakan. Selain itu, konsumen juga bisa melihat pertimbangan lain seperti desain eksterior, interior dan lainnya sebelum memutuskan membeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com