Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akio Toyoda Geber GR Corolla, Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Kompas.com - 23/05/2023, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation memastikan diri untuk hadir dalam ajang balap 24 jam Super Taikyu Series 2023 di sirkuit Fuji International Speedway akhir pekan ini.

Menariknya, perseroan bakal membawa GR Corolla berbahan bakar terbaru yang lebih ramah lingkungan yaitu hidrogen cair (liquid hydrogen). Diketahui sebelumnya, mobil yang digunakan selalu berbahan bakar hydrogen gas.

Melalui keterangan tertulis pada Selasa (23/5/2023), langkah terkait sebagai salah satu kampanye dari Toyota mengenai penggunaan mobil dengan bahan bakar hidrogen yang jauh lebih hijau.

Baca juga: Sopir Pikap Ketiduran di Tengah Jalan, Bikin Macet Panjang

Toyota GR Corolla bermesin hidrogen dikembangkan di ajang balapDok. Toyota Times Toyota GR Corolla bermesin hidrogen dikembangkan di ajang balap

Kini, mobil sedang dilakukan uji coba bersama mantan Presiden Toyota, Akio Toyoda, yang akan kembali ada di balik setir kemudinya.

"Ini akan menjadi pertama kalinya di dunia sebuah mobil berpacu dengan hidrogen cair berpendingin super hingga -253 derajat celcius," ujar Akio Toyoda dalam keterangan itu.

"Mencoba sesuatu hal yang baru saja sudah membuat jantungku berdegup kencang. Banyak sekali kolega yang membantu mempersiapkan tantangan ini. Kami semua menantikan dukungan Anda," lanjut Morizo, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Toyota absen untuk ikut dalam putaran pertama ENEOS Super Takyu musim 2023 yang digelar di Suzuka pada 18-19 Maret 2023 lalu. Hal tersebut karena saat uji coba, mobil mengalami kendala.

Baca juga: Teaser Mitsubishi XFC Concept Versi Produksi Massal Dirilis Akhir Bulan Ini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Akio Toyoda official (@akiotoyoda_official)

 

Meski demikian, perseroan mengatakan bakal terus menghadapi tantangan untuk meningkatkan opsi produksi, pengangkutan, dan penggunaan bahan bakar hidrogen dan karbon netral tahun ini.

"Kami akan mempercepat upaya kami di bidang olahraga motor bersama dengan mitra kami untuk mencapai netralitas karbon," kata Toyoda.

Adapun GR Corolla bertenaga hidrogen telah beroperasi dengan bahan bakar gas hidrogen sejak pertama kali masuk di Seri Super Taikyu pada Mei 2021.

Selama dua tahun terakhir, mobil telah berevolusi dengan setiap balapan di berbagai bidang seperti output, torsi, jarak jelajah, dan waktu pengisian.

Baca juga: Mobil Listrik Sempat Inden Panjang, Awal 2023 Mulai Akumulasi

Debut Toyota GR Corolla H2 dan GR86 CNF di ajang Thailand 25H Endurance Race 2022Toyota Debut Toyota GR Corolla H2 dan GR86 CNF di ajang Thailand 25H Endurance Race 2022

"Tujuan kami pada akhir musim ini adalah memasuki balapan dengan kendaraan yang menggunakan hidrogen cair, yang juga sedang kami kembangkan," ucapnya.

"Seperti gas hidrogen, kami akan menyempurnakan teknologi dan orang-orang kami dengan mengambil tantangan untuk terus menyempurnakan setiap aspek," kata Toyoda lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com